Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/www/htdocs/newsipid/_lib/viewer.class.php on line 509 Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/www/htdocs/newsipid/_lib/viewer.class.php on line 509
ENGLISH     BAHASA INDONESIA
 
 
 
 
 

PROFIL DAERAH KABUPATEN LABUHAN BATU SELATAN

 

KOMODITI UNGGULAN DAERAH

 

LINK TERKAIT

 

KONTAK DI DAERAH

 
 
 
LINK TERKAIT

     

 
KONTAK

      Direktorat Pengembangan Potensi Daerah BKPM
      Jl. Gatot Subroto 44
      Jakarta Selatan
      DKI Jakarta
      Indonesia, 12190
      Tel: +62 21 5255284


 
 
IN COLLABORATION WITH PROVINCES OF INDONESIA :
 

Sun, 26 Oct 2014

Profil Daerah Kabupaten Labuhan Batu Selatan
 

Logo Daerah Kabupaten Labuhan Batu Selatan Kabupaten Labuhan Batu Selatan secara geografis terletak pada garis 1o 26'00" - 2o12'55" Lintang Utara dan 98o40''00" - 100o26'00" Bujur Timur. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 3.116,00 Km2 atau sekitar 4,35% dari luas wilayah Sumatera Utara. wilayah ini terbagi atas 5 Kecamatan dan 54 Kelurahan/Desa. Perbatasan wilayahnya adalah :
- Di sebelah timur berbatasan dengan Bengkalis (Propinsi Riau),... Selengkapnya »



Peta Potensi
 

Klik bagian Legenda di bawah dan pilih komoditi yang akan ditampilkan.

Legenda
PropinsiKabupaten
Kelapa Sawit Kakao
Karet Kelapa
Kopi Pinang
Budidaya Kolam Jagung
Ubi Kayu Kedelai
Ubi Jalar

  Re-Draw Map



  


Feed News    Berita Terbaru
 

Sejarah Kelapa Sawit 

Eh teman-teman labuhanbatu selatan tiap hari pasti jumpa pohon kelapa sawitkan?.. jujur saya sendiri sejarahnya gak begitu paham kalo ditanya orang,.. ternyata Kelapa sawit didatangkan ke Indonesia oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1848. Beberapa bijinya ditanam di Kebun Raya Bogor, sementara sisa benihnya ditanam di tepi-tepi jalan sebagai tanaman hias di Deli, Sumatera Utara pada tahun 1870-an. Pada saat yang bersamaan meningkatlah permintaan minyak nabati akibat Revolusi Industri pertengahan abad ke-19. Dari sini kemudian muncul ide membuat perkebunan kelapa sawit berdasarkan tumbuhan seleksi dari Bogor dan Deli, maka dikenallah jenis sawit “Deli Dura”.

Pada tahun 1911, kelapa sawit mulai diusahakan dan dibudidayakan secara komersial dengan perintisnya di Hindia Belanda adalah Adrien Hallet, seorang Belgia, yang lalu diikuti oleh K. Schadt. Perkebunan kelapa sawit pertama berlokasi di Pantai Timur Sumatera (Deli) dan Aceh. Luas areal perkebunan mencapai 5.123 ha. Pusat pemuliaan dan penangkaran kemudian didirikan di Marihat (terkenal sebagai AVROS), Sumatera Utara dan di Rantau Panjang, Kuala Selangor, Malaya pada 1911-1912. Di Malaya, perkebunan pertama dibuka pada tahun 1917 di Ladang Tenmaran, Kuala Selangor menggunakan benih dura Deli dari Rantau Panjang. Di Afrika Barat sendiri penanaman kelapa sawit besar-besaran baru dimulai tahun 1911.

Hingga menjelang pendudukan Jepang, Hindia Belanda merupakan pemasok utama minyak sawit dunia. Semenjak pendudukan Jepang, produksi merosot hingga tinggal seperlima dari angka tahun 1940.[2]

Usaha peningkatan pada masa Republik dilakukan dengan program Bumil (buruh-militer) yang tidak berhasil meningkatkan hasil, dan pemasok utama kemudian diambil alih Malaya (lalu Malaysia).

Baru semenjak era Orde Baru perluasan areal penanaman digalakkan, dipadukan dengan sistem PIR Perkebunan. Perluasan areal perkebunan kelapa sawit terus berlanjut akibat meningkatnya harga minyak bumi sehingga peran minyak nabati meningkat sebagai energi alternatif.

Beberapa pohon kelapa sawit yang ditanam di Kebun Botani Bogor hingga sekarang masih hidup, dengan ketinggian sekitar 12m, dan merupakan kelapa sawit tertua di Asia Tenggara yang berasal dari Afrika.

source: wikipedia.com

Sepenggal sejarah Desa Teluk Panji 

Tahun 1991 merupakan tahun awal kebangkitan untuk desa teluk panji
adapun yang dimaksud dengan awal kebangkitan ditahun 1991 ialah, awal datangnya masyarakat tranmigrasi kedesa teluk panji yang sebagian besar dari pulau jawa lampung dan sekitarnya, banyak diantara masyarakat tranmigrasi yang kembali kekampung halaman dikarenakan tidak sanggup menghadapi keadaan yang memang begitu berat dimana kondisi jalan yang lumayan terbilang parah, tidak adanya penerangan atau PLN serta sulitnya mencari pekerjaan dan pada masa itu masih terbilang rawan oleh binatang buas seperti binatang harimau.
walaupunpun demikian beda halnya dengan mereka yang masih bertahan. keadaan yang begitu berat itu dijadikan tantangan oleh mereka dan tantangan tersebut harus tahlukkan. dengan cobaan yang sangat berat serta keadaan ekonomi yang sangat berat pula, tidak menyurutkan semangat masyarakat tranmigrasi untuk tetap berjuang dan mereka yakin suatu saat pasti berhasil.
dan tidak sia-sia perjuangan masyarakat transmigrasi teluk panji,walaupun dengan kondisi lahan terbilang secara keseluruhan lahan gambut, ditahun 1995 sebagian dari mereka sudah mulai menikmati hasil jerih payah dan perjuangan mereka dengan datangnya hasil panen dari kebun kelapa sawit, yang pada awal datangnya mereka ke desa teluk panji kecamatan kampung rakyat kab, labuhan batu disarankan oleh pemerintah pusat untuk menanamnya.serta dibantu oleh pemerintah untuk bibit pohon kelapa sawit tersebut.
yang cukup membantu ialah berdirinya pabrik kelapa sawit yaitu PT Abdi Budi Mulia ( PT ABM) disebalah lahan tranmigrasi tersebut.
sungguh luar biasa, dengan bangkitnya ekonomi masyarakat tranmigrasi justru menjadi acuan positif untuk masyarakat disekitar desa teluk panji tersebut seperti, pada dusun titi payung, dusun panjerjo, desa boom teluk panji, dusun tiga jadi, dusun kampung jawa serta desa-desa yang lainnya, masyarakat didusun serta desa-desa tersebut ikut serta dalam menanam pohon kelapa sawit, walau sebagian dari mereka juga sudah menanamnya terlebih dahulu.
kekompakan serta kegigihan masyarakat tranmigrsilah yang harus kita acungkan jempol, karena dengan kekompakan serta kegigihan itulah yang membuat masyarakat tranmigrasi berhasil dari segi ekonomi masyarakatnya serta pembangunan desa tersebut.
dari sepenggal cerita ini penulis berharap, mari kita khususnya kaum muda/i untuk lebih membangun desa teluk panji ini kita jadikan desa teluk panji kita ini menjadi kota, kota para ilmuan, kota para pelajar, kota para penemu2 tehcnologi dan yg paling penting kota yg yang mempunya ahlak dan moral yang baik.
kita jadikan contoh orang tua kita, yang dengan kegigihan serta keuletan mereka, sehingga dapat berhasil seperti sekarang ini.

Kawasan wisata Outbound di Bumi Perkemahan PT. Asam Jawa 

Objek Wisata di Kotapinang Out Bond di Bumi Perkemahan PT Asam Jawa

Ada yang baru di Kotapinang yakni kawasan wisata outbond di Bumi Perkemahan PT Asam Jawa. Sesekali terdengar suara riangnya tawa anak kecil, ataupun teriakan puas dari pengunjung lain yang berhasil meluncur mulus menikmati permainan yang menantang. Tempat ini di desain sangat menarik, Anda bisa bermain di kolam atau bersantai di tepi kolam sama-sama terasa asyiknya.

Bagi Anda yang datang bersama anak-anak, Anda tidak perlu kuatir, karena untuk mengawasi mereka saat bermain sangat mudah. Ini karena dua kolam renang yang ada di tempat ini sengaja didesain terpisah, dengan kedalaman yang berbeda. Ingin outbond? Flying Fox yang menjadi fitur utama outbond The Fountain harus Anda coba. Para pengunjung dapat menikmati permainan “flying fox”.

Permainan “outbond” yang satu ini sangat cocok bagi pengunjung yang suka tantangan dengan meluncur pada ketinggian di atas 15 meter di balik pepohonan sawit kawasan perkebunan PT Asam Jawa dan langsung mencebur ke dalam kolam buatan di ujungnya.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati motor ATV. Pengunjung dapat mencoba lika liku sirkuit mini yang terdapat di kawasan hutan sawit tersebut. Tak hanya orang tua, anak-anakpun turut antusias menikmati berbagai permainan yang ditawarkan di wisata “outbond” ini. Disamping itu anda juga dapat mencoba balon air atau bermain jeram. Anda juga bisa membuat beraneka games dan memanfaatkan berbagai fasilitas lainnya yang tersedia. Spider web dan jembatan goyang juga menarik untuk dicoba.

Para wisatawan yang ingin berkunjung, tempat wisata ini dapat ditempuh 15 menit dari Kotapinang. Wisata ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin memacu adrenalin. Tempat wisata ini terletak di sebelah timur areal perkebunan sawit PT Asam Jawa, tepatnya di kawasan perumahan asisten perkebunan. Dari pintu masuk perkebunan, langsung masuk melalui kawasan Empaslen dan berbelok ke kanan menuju kawasan perumahan asiten.

Memasuki lokasi wisata ini, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 3000 yang termasuk biaya parkir kendaraan. Wisata outbond ini dibuat dan dikelola oleh PT Perkebunan Asam Jawa yang ingin menggali potensi lahan sawit yang ada namun tanpa merusak areal perkebunan. Karena pekerja di tempat ini juga karyawan perkebunan PT Asam Jawa, maka objek wisata ini hanya dibuka pada hari Minggu dan hari libur lainnya. (*)

sumber : kotapinang.wordpress.com

Air Terjun Sampuran / Aek Sijorni 

sampuran 11 300x225 AIR TERJUN SAMPURAN Satu lagi objek wisata alam yang sangat indah untuk dinikmati di Kabupaten Toba Samosir adalah Air Terjun Sampuran. Nuansa alam bebas yang mengelilingi objek ini akan sangat disukai para wisatawan petualang (backpacker). Hutan yang masih sangat lebat dan pepohonan yang sangat rimbun akan membawa para wisatawan serasa berada di alam bebas.

Air Terjun Sampuran berada di kawasan Desa Hutanamora, Kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir merupakan objek wisata yang masih sangat alami. Kondisi alam di sekitar air terjun yang sepertinya belum banyak terjamah manusia memberikan kenikmatan tersendiri bagi pengunjungnya.  Hutan yang masih rimbun dan lebat menjaga ketersediaan sumber air terjun ini. Airnya yang sangat dingin dan  segar dengan kualitas yang masih sangat bersih dan jauh dari pencemaran lingkungan sangat menyejukkan ketika dinikmati.

sampuran 2 AIR TERJUN SAMPURAN

Mengingat keasrian lokasi wisata ini, memang memberikan kesulitan tersendiri untuk mengunjunginya. Setelah melakukan perjalanan dengan kendaraan roda dua atau roda empat selama kurang lebih 45 menit dari Kota Balige menuju Desa Hutanamora, dan dari Desa Hutanamora menuju lokasi air terjun ini, hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama 60 Menit. Untuk para wisatawan pencinta alam, tantangan ini akan memberikan kepuasan tersendiri untuk menaklukkan medan menuju air terjun ini.

sampuran 3 AIR TERJUN SAMPURAN

Untuk para wisatawan petualang, ayo berkemas dan siapkan perlengkapan dan perbekalan anda untuk taklukkan dan nikmati panorama alam di air terjun Sampuran ini.

Sumber/ Photo : Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh 

images

Hai, sahabat, tips kesehatan. Memiliki tubuh yang sehat merupakan keinginan setiap orang termasuk anda. Dengan tetap sehat, maka aktivitas yang kita lakukan bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan kita. Dengan sehat pula, maka kita tidak harus mengeluarkan waktu dan biaya untuk membeli obat atau pergi ke rumah sakit. Jadi kita harus selalu bersyukur dengan nikmat sehat yang diberikan Tuhan YME kepada kita semua.

Sahabat, tips kesehatan. Ukuran sehat yaitu ketika kita mampu menjaga daya tahan tubuh dari serangan penyakit yang selalu menerpa seperti peyakit demam, flu, batuk dan lain-lain. Lalu bagaimana kita bisa menjaga daya tahan tubuh yang benar agar selalu sehat dan bugar setiap hari….????? Berikut ini tips kesehatan yaitu Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Selalu Sehat :

  1. Istirahat yang cukup setiap harinya, merupakan salah satu faktor untuk menjaga daya tahan tubuh anda. Dalam hal ini tidur yang cukup dan berkualitas.
  2.  Didalam tubuh yang sehat terdapat pikiran yang tenang dan sehat juga. Maka usahakan selalu berpikiran positif terhadap segala masalah yang menerpa kita.
  3.  Setiap pagi, usahakan selalu melakukan olahraga secara teratur. Ini bertujuan untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu bugar dan sehat.
  4.  Selalu memastikan bahwa makanan yang anda makan sudah higienis atau sudah di cuci dengan bersih atau dimasak dengan matang yang sempurna.
  5.  Makanlah dengan porsi yang wajar jangan berlebihan. Di khawatirkan badan anda akan mengalami kegemukan dan riskan terkena penyakit yang terkait dengan kegemukan atau obesitas.
  6.  Penuhi makanan yang berserat setiap harinya. Makanan yang berserat yaitu apel, wortel maupun kacang-kacangan. Fungsi makanan berserat ini yaitu menjaga tubuh dari serangan bakteri.
  7.  Penuhi kebutuhan vitamin D. karena vitamin D ini berfungsi untuk menstimulus sel imun untuk menghalau virus dan bakteri. Vitamin D dapat ditemukan pada sinar matahari, telur, hati dan ikan.
  8. Penuhi kebutuhan cairan yang diperlukan dalam tubuh. Dalam hal ini air putih yang menyehatkan. Delapan gelas air putih perharinya merupakan jumlah yang harus kita penuhi untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh kita.

source : intips-kesehatan.blogspot.com


 


 
 

PERIHAL | DAFTAR TANYA JAWAB | BUKU TAMU | KONTAK KAMI
© 2013 by Indonesian Investment Coordinating Board. All rights reserved