Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/www/htdocs/newsipid/_lib/viewer.class.php on line 509 Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/www/htdocs/newsipid/_lib/viewer.class.php on line 509
ENGLISH     BAHASA INDONESIA
 
 
 
 
 

PROFIL DAERAH KABUPATEN BANGKA TENGAH

 

KOMODITI UNGGULAN DAERAH

 

LINK TERKAIT

 

KONTAK DI DAERAH

 
 
 
LINK TERKAIT

     

 
KONTAK

      Direktorat Pengembangan Potensi Daerah BKPM
      Jl. Gatot Subroto 44
      Jakarta Selatan
      DKI Jakarta
      Indonesia, 12190
      Tel: +62 21 5255284


 
 
IN COLLABORATION WITH PROVINCES OF INDONESIA :
 

Sat, 20 Dec 2014

Profil Daerah Kabupaten Bangka Tengah
 

Logo Daerah Kabupaten Bangka Tengah Secara administratif wilayah Kabupaten Bangka Tengah berbatasan dengan

- Laut china Selatan sebelah timur
- Selat Bangka di sebelah Barat
- Kabupaten Bangka dan Kota Pangkalpinang di sebelah utara
- Kabupaten Bangka Selatan di sebelah selatan

Wilayah Kabupaten Bangka Tengah terletak di Pulau Bangka dengan luas lebih kurang 2.126,36 km2 dan terbagi menjadi 56 Desa, 7 Kelurahan dan 6 kecamatan... Selengkapnya »



Peta Potensi
 

Klik bagian Legenda di bawah dan pilih komoditi yang akan ditampilkan.

Legenda


  


Feed News    Berita Terbaru
 

Pelaksanaan Pendataan Podes di Desa Benteng-Pangkalan Baru 

Dalam rangka kegiatan Pendataan Potensi Desa (Podes) di Kabupaten Bangka Tengah seluruh petugas sudah melakukan kunjungan ke kantor-kantor kecamatan dan kantor desa/kelurahan di Kabupaten Bangka Tengah sejak awal bulan April 2014. Petugas pendataan di Kabupaten Bangka Tengah sebanyak 14 orang yang terdiri dari PCL (Petugas Pencacah Lapangan) dan PML (Petugas Pengawas Lapangan).

Hari Selasa, tanggal 15 April 2014 Koordinator Statistik Kecamatan (KSK) Pangkalan Baru, Laravita yang ditemani pengawas dari BPS Kabupaten Bangka Tengah, Mulatsih mendatangi Kantor Desa Benteng untuk melakukan pendataan setelah melakukan perjanjian dengan beberapa nara sumber terkait dengan data dan informasi yang akan ditanyakan. Pada saat pendataan Potensi Desa di Desa Benteng tersebut hadir beberapa nara sumber yangterdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa (Sekdes), Pekerja Sosial Masyarakat(PSM) dan Kaur terkait.

Data yang ditanyakan cukup banyak, adapun isi kuesioner Potensi Desa (Podes) adalah sebagai berikut: Keterangan Umum Desa; Kependudukan dan Ketenagakerjaan; Perumahan dan Lingkungan Hidup; Bencana Alam dan MitigasiBencana Alam; Pendidikan dan Kesehatan; Sosial Budaya, Hiburan dan Olahraga; Angkutan; Komunikasi dan Informasi; Penggunaan Lahan; Ekonomi; Keamanan; Program Pemberdayaan Masyarakat; Otonomi yang mencakup tentang keuangan desa dan diakhiri dengan Keterangan Aparatur Pemerintah Desa.

Kualitas data Podes sangat didukung dengan data yang tersedia di masing-masing Desa/Kelurahan ataupun Kecamatan. Sejauh ini respon para aparatur pemerintah terkait pendataan podes di Kabupaten Bangka Tengah sangat baik. Semoga pendataan Podes berjalan lancar dan menghasilkan data yang berkualitas. (Sa01)


Evaluasi ST 2013 Subsektor dan Pembinaan SAKIP 

Tanggal 8 sampai 12 September 2014 BPS Kepulauan Bangka Belitung kembali mengadakan pertemuan, kali ini bertempat di Hotel Aston Belitung. Pertemuan kali ini diikuti oleh Kepala BPS Provinsi, Kepala Bagian dan Bidang di BPS Provinsi,Kepala BPS Kabupaten/Kota, Kepala Sub bagian dan Seksi di BPS Provinsi, danKepala Sub bagian dan Seksi di BPS Kabupaten/Kota di Kepulauan Bangka Belitung. Adapun agenda yang dibahas adalah Evaluasi ST2013 Subsektor dan Pembinaan SAKIP. Untuk mendapatkan hasil lapangan Sensus Pertanian 2013 Subsektor yang valid dan akurat diperlukan koordinasi yang baik, maka dari itu perlu diadakan evaluasi hasil lapangan ST 2013 Subsektor. Selain itu, dalam rangka peningkatan kualitas pemerintahan yang baik serta Reformasi Birokrasi, dalam pertemuan ini juga akan dilakukan pembinaan penerapan SAKIP dilingkungan BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.  


Acara di buka secara resmi dengan sambutan Kepala BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,  Ir. Herum Fajarwati M.M, selanjutnya laporan kegiatan ST 2013 Subsektor disampaikan oleh Kabid Produksi, (I Ketut Mertayasa S ST). Hasil laporan ST 2013 Subsektor  menunjukkan ada sebanyak 1966 total sampel di BPS Kepulauan Bangka Belitung. Untuk pelaksanaan ST2013 subsektor ini terdapat sebanyak 15 PMS yang mengawasi 7 subsektor. Selainitu, terdapat juga monitoring kualitas subsector Kehutanan dari BPS Kep. BangkaBelitung, dan ada juga pengawasan pusat oleh Deputi Bidang Statistik, BPS RI. Kegiatan editing coding ST2013 mulai dilaksanakan pada minggu kedua bulan Agustus 2014. Sampai dengan penyampain laporan ini dibuat, pemasukan dokumen ke BPS provinsi Kep.Bangka Belitung sudah mencapai 100 persen.

Beberapa kendala/permasalahan yang ditemui selama pelaksanaan ST 2013 subsektor antara lain: SDM organik  BPS yang masih terbatas, kelurahan/desa masihkurang informasi mengenai kelanjutan st 2013 terkait kegunaan data, kesulitan petugas karena wilayah kerja lintas desa, dan kurangnya waktu pelatihan khusunya terkait materi pemutakhiran sehingga berimbas salah pengambilan sampel.

Selain membahas hasil ST 2013 subsektor, pertemuan ini juga membahas tentang SAKIP. Seperti kita ketahui hingga saat ini Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) lebih sering dipandang sebagai sebuah mekanisme untuk mempertanggungjawabkan kinerja. Pendekatan tersebut berpijak pada sudut pandang eksternal atau pemenuhan kepentingan stake holders. Pandangan ini tidaklah salah. Namun, dengan pemahaman seperti itu, peran SAKIP menjadi lebih sempit dan cenderung tidak memunculkan kesadaran instansi pemerintah atas kebutuhan penerapan SAKIP secara benar. Adapun pembinaanSAKIP pada pertemuan ini disampaikan langsung oleh Inspektorat Utama BPS RI, Drs. Rusman Desiar M.Si. Tujuan dari pembinaan ini adalah untuk memperoleh informasi tentang implementasi Sistem AKIP. Adapun komponen dan bobot penilaianAKIP menurut Kemenpan dan RB yaitu: perencanaan kinerja, pengukuran kinerja,pelaporan kinerja, evaluasi kinerja dan capaian kinerja. Melalui pembinaan ini diharapkan setiap insan BPS khususnya seluruh jajaran BPS Kepulauan Bangka Belitung memahami akan pentingnya SAKIP dan mampu mengimplementasikannya.

2014-09-16/14:38:02

Pelatihan Survei Neraca Produksi dan Konserda PDRB Kabupaten/Kota Se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 

Pada awal April 2014 beberapa waktu yang lalu Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  mengadakan kegiatan terkait penyusunan PDRB, yaitu Pelatihan Survei Neraca Produksi dan Konsultasi Serentak Daerah (Konserda) Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Menurut Lapangan Usaha Kabupaten/Kota Se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Hotel Puncak, Pangkalpinang.

Pelatihan Survei Neraca Produksi dilaksanakan pada tanggal 3-6April 2014. Kegiatan pelatihan ini selenggarakan oleh BPS Provinsi untuk membekali petugas survei sebelum turun ke lapangan dengan instruktur nasional dari BPS RI. Survei Neraca Produksi terdiri dari kumpulan beberapa survei. Semua survei tersebut penting dilakukan sebagai dasar penghitungan PDRB tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional.

Sedangkan kegiatan Konserda PDRB  dilakukan pada tanggal 6-8 April 2014. Acara Konserda ini dibuka pada hari Minggu, 6 Maret 2014 oleh Kabid Nerwilis BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Bapak Budi Prawoto, MM. Pada sambutannya beliau menyampaikan pengarahan terkait dengan data-data yang telah tersedia untuk penyusunan PDRB masing-masing Kabupaten/Kota serta fenomena-fenomena yang terjadi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung secara umum, serta perkembangan di tiap sektornya. Dalam arahan beliau disampaikan pula mengenai agenda Bidang Nerwilis ke depannya yaitu perubahan tahun dasar dari tahun 2000 menjadi tahun 2010.

Konserda dilakukan dalam rangka penyusunan PDRB Kabupaten/Kota Se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kegiatan Konserda ini merupakan wadah bagi BPS Kabupaten/Kota agar melakukan penghitungan PDRB secara serentak dengan bermodalkan data yang telah disiapkansebelumnya dari daerah masing-masing.Rekonsiliasi perlu dilakukan mengingat penghitungan PDRB dilakukan secara terpisah antara Kabupaten/Kota dengan Provinsi, sehingga seringkali terjadi diskrepansi statistik. Pada kesempatan ini setiap hasil penghitungan PDRB Kabupaten/Kota dievaluasi dan diharapkan dapat memperkecil diskrepansi antara data PDRB Provinsi dengan PDRB kumulatif seluruh Kabupaten/Kota sehingga mendekati nol.

Kegiatan konserda ini menghasilkan angka PDRB sementara untuk tahun 2013, perbaikan angka tahun 2012 dengan bertambahnya data yang terkumpul sampai tahun 2013,  serta penetapan angka tahun 2011 sebagai angka tetap. Angka PRDB tahun 2013 ini masih angka sangat sementara, dengan semakin lengkapanya data yang diperoleh akan semakin menyempurnakan angka PDRB tersebut. (Mu02)


Statistical Capacity Building (SCB) 

Statistical Capacity Building (SCB) Tahun 2014 yang diselenggarakan oleh BPS Bangka Tengah merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan pemahaman seluruh pegawai tentang kegiatan statistik dan kegiatan penunjang lainnya yang dilakukan oleh BPS pada umumnya, SCB ini dilaksanakan disela-sela kegiatan rutin BPS yang cukup padat.

Kegiatan SCB perdana di tahun 2014 mengangkat materi Publikasi Statistik, Pelayanan Statistik Terpadu (PST) dan Website dengan nara sumber dari BPS Provinsi, yaitu Bpk Agusman Simbolon,Kepala Bidang Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik dengan instruktur Bpk Yogi Oltas, Staf Seksi Diseminasi Statistik.

Pada sambutannya, tak lupa Bpk Agusman Simbolon berpesan pada pembukaan SCB Tahun 2014 untuk memberikan pelayanan prima kepada semua pengguna data di wilayah BPS Kabupaten Bangka Tengah khususnya dengan memaksimalkan PST dan Website. Selain itu, untuk meningkatkan kualitas data, maka publikasi harus mengacu pada standar publikasi BPS.

Adapun selanjutnya SCB Tahun 2014 di BPS Bangka Tengah direncanakan berlangsung dua kali dalam sebulan, dengan nara sumber yang bergantian disesuaikan dengan jadwal materi.

Pelatihan Pemutakhiran Rumah Tangga Blok Sensus Terpilih ST2013 Subsektor TC Koba 

Rangkaian kegiatan Sensus Pertanian ST2013 yang dilakukan pada tahun lalu masih berlanjut pada tahun ini melalui kegiatan Survei RumahTangga Subsektor ST2013. Sebelum melakukan pencacahan rumah tangga usaha pertanian, terlebih dahulu dilakukan pemutakhiran rumah tangga pada blok sensus terpilih pada pertengahan hingga akhir bulan April 2014. Tujuan dari pemutakhiran ini adalah mendapatkan informasi daftar nama dan alamat rumah tangga yang lengkap dan mutakhir, sekaligus sebagai identifikasi rumah tangga usaha pertanian.

Pemutakhiran rumah tangga pada blok sensus terpilih subsektor merupakan kegiatan untuk memperoleh cakupan rumah tangga dan identifikasi rumah tangga pertanian yang up to date. Selanjutnya berdasarkan identifikasi rumah tangga pertanian hasil pemutakhiran tersebut, dilakukan pemutakhiran keterangan usaha komoditas pertanian rumah tangga yang akan digunakan sebagai kerangka sampel pemilihan rumah tangga Survei Subsektor 2014.

Pemutakhiran rumah tangga ini menggunakan daftar rumah tangga preprinted hasil listing ST2013. Selanjutnya, rumah tangga usaha pertanian yang teridentifikasi akan dilakukan pendataan lebih lanjut terkait dengan subsektor usaha pertanian masing-masing rumah tangga, seperti Padi,Palawija, Hortikultura, Perkebunan, Kehutanan, Peternakan, Budidaya Ikan danPenangkapan Ikan.

Sebagian besar petugas pendataan melibatkan mitra andalan BPS Kabupaten Bangka Tengah yang pernah menjadi petugas pendataan SensusPertanian ST2013 yang lalu, diharapkan dengan pengalaman mereka, pendataan akan berjalan lancar dan tanpa kendala yang berarti. Pelatihan petugas dan pengawas lapangan dilakukan pada tanggal 10-11 April 2014 yang bertempat di Rina Ramita –Koba. Pelatihan ini berguna untuk membekali para petugas dengan konsep dan definisi tentang pemutakhiran rumah tangga. Kepala Bidang Statistik Produksi BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Bpk Ketut Mertayasa, SST turut hadir memantau jalannya pelatihan sekaligus membuka pelatihan dengan resmi. Beliau berpesan agar petugas pendataan mempunyai tanggung jawab moral dalam menjalani tugas sehingga pemutakhiran rumah tangga blok sensus terpilih di Kabupaten Bangka Tengah menghasilkan data yang berkualitas untuk pembangunan secara nasional. (Sa01)


 


 
 

PERIHAL | DAFTAR TANYA JAWAB | BUKU TAMU | KONTAK KAMI
© 2013 by Indonesian Investment Coordinating Board. All rights reserved