Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/www/htdocs/newsipid/_lib/viewer.class.php on line 509 Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/www/htdocs/newsipid/_lib/viewer.class.php on line 509
ENGLISH     BAHASA INDONESIA
 
 
 
 
 

PROFIL DAERAH KABUPATEN LINGGA

 

KOMODITI UNGGULAN DAERAH

 

LINK TERKAIT

 

KONTAK DI DAERAH

 
 
 
LINK TERKAIT

     

 
KONTAK

      Direktorat Pengembangan Potensi Daerah BKPM
      Jl. Gatot Subroto 44
      Jakarta Selatan
      DKI Jakarta
      Indonesia, 12190
      Tel: +62 21 5255284


 
 
IN COLLABORATION WITH PROVINCES OF INDONESIA :
 

Thu, 18 Dec 2014

Profil Daerah Kabupaten Lingga
 

Logo Daerah Kabupaten Lingga Kabupaten Lingga secara geografis terletak pada 0o20 LU 0 29' LS dan 104 26' BT 104 39 BT , dengan batas wilayahnya :

" Sebelah Barat berbatasan dengan Laut Indragiri
" Sebelah Timur berbatasan dengan Laut Cina Selatan
" Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Galang Kota Batam dan Laut Cina Selatan
" Sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Bangka dan Selat Berhala

Kabupaten Lingga yan... Selengkapnya »



Peta Potensi
 

Klik bagian Legenda di bawah dan pilih komoditi yang akan ditampilkan.

Legenda


  


Feed News    Berita Terbaru
 

Pekerjaan Jalan Di Kampung Boyan Kecewakan Warga 

Pekerjaan Jalan Di Kampung Boyan Kecewakan Warga

Lingga Keprionline  - Pekerjaan Jalan di Daerah Kampung Boyan mengecewakan Warga. Rumah Majid warga kampung baru Rt 03 Rw 03 dusun 1 Desa Batu Berdaun diding bagian Kiri Rumah Tertimbun tanah Lebih Kurang 1/2 meter dari lantai Dasar Rumah   istri majid yang berhasil di temui koran ini di kediamanya mengatakan bahwa ketika melakukan penimbunan jln tersebut kita tak berani memberitahukan kepada pekerja karna mereka hanya bekerja yang makan Gaji ujarnya.

Suami saya di rumah tak bisa bergerak karna kedua kakinya telah di aputasi akibat terkena penyakit kencing manis namun walaupun kami diam pengawar Proyek kan ada atau pihak Pekerjaan Umum yang melakukan Pengawasan Proyek tersebut ujarnya, diakan melihat bahwa tanah yang di peruntuhkan untuk pengerasan jalan menuju SMK negeri singkep tersebut

Majid Pemilik Rumah juga mengatakan Supaya Pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Terkait dapat supaya mengali tanah yang telah berada didingding rumah dan kalau dapat di buat paret supaya ketika air hujan datang tidak masuk ke dalam rumah ujarnya

Kepala Desa batu berdaun Sukarmadi mengatakan bahwa dirinnya telah memberitahukan keluhan. Majid kepada pihak Pemborong dan dinas terkait yaitu Dinas PU supaya mencari solusi yang terbaik untuk pembangunan yang sedang berlangsung tersebut mudah mudahan dinas terkait segera mencari solusinnya supaya tanah yang nempel di dingging rumah pak majid dapat di bongkar ujarnya.

Majid juga mengatakan bahwa di rinya tidak melarang pemerintah membuat pembangunan yg lebih baik apalagi Rumah yang kami tempati ini juga bantuan Pemerintah ujarnya,  Tina istri majid meminta kepada pemerintah daerah dalam hal ini Pekerjaan umum supaya memperhatikan keluhan masyarakat, tina mengatakan setiap hujan datang semua jendela  rumah tersebut terkena percikan air yang bercampur tana liat kami sangat sulit membersihkan ketika percikan air tersebut melekat di dingding Rumah maklum pak rumah ini belum di plester karna tidak ada uang ujarnya.

Dalam pantawan koran ini bahwa perluasan jalan yang di lakukan masih bisa ke sebelah kiri karna sebelah kiri terlihat kosong hanya ada dua pohon kelapa yang mungkin pemilik tanah dapat di runding untuk mencari solusi terbaik supaya pembangunan tersebut tidak sampai merugikan masyarakat apalagi jalan tersebut bukan jalan protokol, saat ini dingding rumah Majid  terlihat diding rumah tersebut menjadi pundasi jalan.

Rumah tersebut juga dapat bantuan dari pemerintah pada tahun 2011 lalu melalui dana PSPS ujar Majid ( Tbn / KO - 24 )

Jali Tutup Jalan Ke PT BBP 

Jali Tutup Jalan Ke PT BBP

Lingga Keprionline  - , Singkep - Warga Cukas kesal, PT Bintan Bumi Persada (BBP)  yang bergerak dibidang tambang  batu besi  di Desa Cukas kecamatan singkep barat,  keburu kabur, sebelum menyelesaikan lahan warga yang terkena imbas pembuatan jalan yang di pergunakan untuk aktifitaas bongkar muat hasil produksi

Jali asal warga kelumu Daik lingga, pewaris lahan di dusun cukas mengatakan " tak sedikitpun niat PT BBP untuk menyelesaikan membayar ganti rugi atas sebidang dusun milik kami yang sudah mereka buat jalan, bahkan sudah 3 tahun beroperasi  tak sekalipun pihak perusahaan memanggil kami untuk menyelesaikannya, tau-tau hengkang begitu saja, kata jali, yang sengaja menemui Wartawan Media ini , Senin  (18-11/2013)

"Luas lahan kami sebanyak 4,8 Hektar pak, tampa permisi kepada kami sebagai pemilik, tau-taunya sudah di buat jalan, lalu jalan tersebut kami tutup, negosiasi ganti rugi tidak menemukan kata sepakat, saya hanya meminta ganti rugi atas lahan yang terkena jalan saja,

akan tetapi perusahaan waktu itu mau membeli semua lahan yang kami miliki, jelas saja kami tidak mau dan tidak bermaksud untuk menjual dusun, hanya kami minta ganti Rugi lahan yang di jadikan jalan wajar kami minta ganti karna ini memang jajan perusahaan bukan jalan yang di bangun Pemerintah, yang mana pihak Perusahaan mengambil keuntungan di daerah itu ujar jali.

Namun tiba-tiba perusahaan meninggalkannya begitu saja, tampa niat baik untuk menyelesaikankannya sementara kaami sendiri tidak pernah mengizinkan pembuaatan jalan di atas lhan kami, lalu siapa yang mengizinkan, kami merasa tidak senang dan menuntuk tanggung jawab PT BBP, jangan senaknya memperlakukan masyarakat kecil, ujarnya dengan nada sedikit tinggi.

" Saya atas nama rakyat, merasa  hak rakyat, di rusak dan di rampas, apakakah pihak  PT ada Beking,  lalu siapa oknumnya hingga berani merampas hak milik rakyat",ucap Jali ( Tbn / KO - 24 )

Sosialisasi Perda No 17 Thn 2011 

Sosialisasi Perda No 17 Thn 2011

Lingga, Keprionline.com  – Camat Lurah adakan Rapat di Gedung Sanggar Praja dabo singkep , untuk  dapat  meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi izin gangguan atau HO (Hinder Ordonantie) dan reklame, pihak Kecamatan Singkep menyosialisasikan Peraturan Daerah No 17 Tahun 2011. Perda itu tentang retribusi izin gangguan kepada masyarakat wajib pajak dan kepala desa/lurah di Kecamatan Singkep.

 

“Selama ini, pendapatan daerah dari retribusi belum maksimal dilakukan. Dengan sosialisasi ini masyarakat yang wajib membayar retribusi dapat mengetahui kewajibannya. Sehingga terhindar dari praktek calo,” kata Camat Singkep Kisan Jaya di selah selah pertemuan yang berlangsung  (29/10).Menurutnya, dalam Perda No 17/2011 ini, jelas disebutkan besaran retribusi yang ditetapkan berdasarkan jenis usaha yang dilakukan.

“Ada sekitar 40 jenis usaha yang besaran retribusinya berbeda,” kata Kisan.

Dilanjutkannya, meski Perda tentang retribusi ini dikeluarkan pada tahun 2011 lalu, namun penerapannya di lapangan masih memakai payung hukum produk Pemkab Kepri. Dengan diterapkannya aturan baru ini, diharapkan dapat menggenjot PAD Lingga.

“Untuk itu perangkat desa/kelurahan sebagai pengelola di lapangan wajib mengetahui isi Perda yang disosialisaskan ini. Agar diterapkan didaerah masing-masing,” sebutnya.

Dia memberi contoh, untuk retribusi reklame jika wajib pajak telah membayar retribusi reklame, tidak perlu lagi membayar izin HO, begitu juga sebaliknya. Jika pemerintah sudah membayar izin gangguan tidak lagi membayar retribusi reklame.

“Karena HO dalam reklame adalah satu paket,” ucapnya.

Dia berharap, dengan sosialisasi yang dilakukan bersama Dinas Pendapatan Pengelolaan dan Aset (DP2KA) ini, dapat menjadi pengetahuan kepada pengusaha. Untuk membayar retribusi sesuai dengan usaha yang dilakukan.

“PAD sangat penting bagi perkembangan pembangunan di Singkep,” imbuhnya.

Sebagaimana telah diberitakan APBD Lingga saat ini jumlahnya sekitar Rp 865 miliar. Nyaris seluruhnya bersumber dari pemerintah pusat.Sedangkan dari pendapatan asli daerah (PAD) Lingga jumlah sangat minim atau hanya sekitar Rp 20 miliar. ( Tbn / KO - 24 )

Kwarcab Kabupaten Lingga Gelar Perkemahan Hijau Di Pantai Sergang 

Kwarcab Kabupaten Lingga Gelar Perkemahan Hijau Di Pantai Sergang

Lingga, Keprionline.com - Gerakan Pramuka  Kwarcab Kabupaten Lingga menggelar Perkemahan Hijau yang juga di hadiri Bupati Lingga  H Daria yang sekaligus  mengalungkan tanda peserta Perkemahan Hijau di Pantai indah Sergang, Jumat (28/6).

Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Lingga menggelar Perkemahan Hijau di Pantai Indah, Sergang Laut, Kecamatan Singkep,Kegiatannya  digelar dari tanggal 27 Juni -30 Juni 2013 ini dengan mengambil tema, Penciptaan Generasi Muda yang cinta Alam, terampil mandiri dan bina diri.

“Kegiatan dilakukan agar anggota Pramuka di Kabupaten memiliki keahlian yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Kakwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Lingga Abu Hasim, kepada Wartawan dalam kegiatan tersebut,Menurutnya, dalam Perkemahan Hijau ini, anggota Pramuka dilatih dengan memanfaatkan sampah menjadi barang yang bernilai ekonomi.

Sampah-sampah organik diolah sedemikian rupa menjadi pupuk yang sangat bermanfaat untuk tanaman masyarakat. Sedangkan sampai berupa plastik dan lainnya yang bersifat non organik diolah menjadi polybag tempat pembibitan pohon.
“Kita mengetahui di Lingga, sangat sulit mendapatkan pupuk. Melalui kegiatan ini, para peserta nantinya diharapkan dapat membawa ilmu yang didapatkan untuk disosialisasikan kepada masyarakat di daerahnya melalui Pramuka,” jelas Wakil Bupati Lingga ini.

Dalam perkemahan ini, peserta diambil dari perwakilan setiap kecamatan di Kabupaten Lingga. Dua orang Pramuka Pembina, dua orang Pramuka Penegak ditambah unsur masyarakat yang mencintai lingkungan.
“BLH, kehutanan, pemberdayaan perempuan, dinas pendidikan adalah SKPD di jajaran Pemkab Lingga yang hadir,” ucapnya.
Ia berharap, usai kegiatan ini para Pramuka dapat menjadi pionir di masyarakat untuk memanfaatkan sampah menjadi barang yang bernilai ekonomis.

Perkemahan Hijau tersebut dibuka oleh Bupati Lingga H Daria. Tampak hadir di acara pembukaan Kapolres Lingga dan perwakilan unsur pimpinan daerah, SKPD dan DPRD Lingga.( Tbn/ 24 - KO )

Dokter Keluarga Hadir Di Lingga 

Dokter Keluarga Hadir Di Lingga

Lingga,Keprionline.com  - Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga adakan Pertemuan di Samping Gedung Nasional Dabo Singkep pertemuan tersebut dihadiri Kepala dinas dan kabid dan Dokter keluarga yang baru berdinas di Kabupaten Lingga serta  Kepala  Puskesmas dan seluruh dokter yang baru bertugas , Rabu (19/6 ).

 

Dalam kesempatan tersebut    Kepala Dinas Kesehatan Lingga dr Luti  ibu  iyus, kabid jamkes dan juga Ibu siti napiah Kasi yankes, Nampak di depan sebagai pengenalan pejabat Dinkes Kepada dokter yang baru saja datang dari Provinsi Kepri dan di tugaskan di Kabupaten Lingga.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga  dr Luti  mengatakan," bahwa dirinnya sangat berterima kasih sekali dengan adannya adek adek bertugas dilingga yang bertujuan untuk membantu masyarakat lingga dalam mengujudkan masyarakat lingga yang sehat jasmani dan rohani. 

Saya selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Dinas   Kesehatan Provinsi Kepri dan juga Pemerintah Provinsi kepri yang telah mengirimkan dokter keluarga ke Kabupaten lingga yang keberadaannya tersebar di beberapa Pulau yang ada di Kabupaten Lingga yang kita cintai ini ujar Luti.

Dalam pertemuan yang berlangsung seluruh dokter keluarga yang baru bertugas terlebih dulu pemperkenalkan diri kepada kepada semua yang hadir dalam temu ramah tersebut ,usai dokter keluarga memperkenalkan diri Kepala  Dinas juga  dr. Luti memperkenalkan diri sekaligus memberikan semangat kepada dokter yang baru bertugas tersebut di kabupaten lingga Luti mengatakan yang  paling penting harapan kita  para dopkter keluarga,  dapat memberikan pelayanan yang sebaik baiknya.

Selama ini para dokter keluarga yang dari daerah lain sudah banyak yang pernah bertugas di kabupaten lingga   dan mereka setelah pindah menjadi dokter yang hebat di daerah lain  berbicara masalah tempat kita bertugas di kabupaten lingga ada plus minusnya ujar luti terutama masyarakat daerah ini Ramah tamah ujarnya ( Tbn/ 24 - KO )


 


 
 

PERIHAL | DAFTAR TANYA JAWAB | BUKU TAMU | KONTAK KAMI
© 2013 by Indonesian Investment Coordinating Board. All rights reserved