ENGLISH     BAHASA INDONESIA
 
 
 
 
 

Peluang Investasi

 

PROFIL DAERAH BANTEN

 

KOMODITI UNGGULAN DAERAH

 

KABUPATEN

 

LINK TERKAIT

 

KONTAK DI DAERAH

 
 
 
LINK TERKAIT

     

 
KONTAK

      Direktorat Pengembangan Potensi Daerah BKPM
      Jl. Gatot Subroto 44
      Jakarta Selatan
      DKI Jakarta
      Indonesia, 12190
      Tel: +62 21 5255284


 
 
IN COLLABORATION WITH PROVINCES OF INDONESIA :
 

Sun, 23 Nov 2014

Profil Daerah Banten
 

Logo Daerah Banten Provinsi Banten secara astronomis terletak pada 105o 1'11" 106o 7'12 Bujur Timur dan 5o 7'50" 7o 1'1" Lintang Selatan, dengan batas wilayahnya

- Sebelah Barat berbatasan dengan Selat Sunda,
- Sebelah Timur dengan Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat,
- Sebelah Utara dengan Laut Jawa dan
- Sebelah Selatan dengan Samudera Hindia.

Wilayah Provinsi Banten terbagi menjadi wilayah daratan dan wi... Selengkapnya »



Peta Potensi
 

Klik bagian Legenda di bawah dan pilih komoditi yang akan ditampilkan.

Legenda


  


Feed News    Berita Terbaru
 

AKR Land Siap Dorong Pariwisata Sulut 

Managing Director AKR Land Development Widijanto menyatakan kesiapannya untuk mendorong pariwisata Sulawesi Selatan melalui kehadiran kawasan kota terpadu Grand Kawanua International City.



"Target kami Indonesia memiliki pangsa pasar 50 persen diantara 10 negara Asia Tenggara (ASEAN) diantaranya dengan menyelenggarakan event nasional dan internasional di kota Manado," kata Widijanto yang juga menjabat sebagai Direktur Eksekutif Badan Pariwisata Sulawesi Utara saat dihubungi, Minggu.

Menurut dia objek wisata di Sulawesi Utara tidak kalah dibanding daerah-daerah lain di Indonesia, persoalannya sekarang ini bagaimana meningkatkan kunjungan wisata salah satunya dengan memperbesar paket MICE (meetings, intensives, conferences, dan events) di kawasan ini.

Dia mengatakan, Myanmar yang memiliki GDP di bawah 5 persen, melalui sektor pariwisata berhasil meningkatkan harga tanah negara tersebut menjadi tiga kalinya dalam waktu setahun.

Menurut Widijanto, potensi wisata daerah di Indonesia sangat banyak, untuk itu paket-paket MICE internasional yang ditawarkan jangan terfokus di Bali saja misalnya, tetapi juga daerah-darah lainnya.

Persoalannya infrastruktur pendukung penyelenggaraan MICE di berbagai daerah terkadang belum mendukung apalagi untuk skala internasional butuh ruang konferensi lebih luas, ruang kamar hotel berskala internasional yang memadai, transportasi, dan lain sebagainya.

Widijanto mengatakan, Malaysia dan Singapura sangat gencar mempromosikan wisata mereka, padahal yang mereka jual sebagian besar merupakan produk-produk yang sudah ada di Indonesia seperti batik, keindahan pantai, hanya saja mereka mampu mengemasnya untuk menarik wisatawan.

Manado sendiri memiliki keindahan taman laut Bunaken, pegunungan, dan danau eksotis tidak kalah dengan daerah lain. Bahkan memiliki berbagai spesies laut yang tidak ditemui di dunia. Tentunya itu membutuhkan dukungan promosi.

"Saat ini sudah ada program di 10 kota tujuan wisata untuk meningkatkan kunjungan, serta Manado menempati posisi nomor dua. Salah satu yang digelar event internasional World Ocean Conference (WOC) dan Coral Triangle Initiative (CTI) di Grand Kawanua Manado pada Juni 2014," kata Widijanto.

Kegiatan yang juga mendapat dukungan Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang diikuti 121 negara. Saat itu tidak hanya Novotel Grand Kawanua yang kebanjiran tamu, tetapi seluruh hotel full book selama penyelenggaraan, kata Widijanto.

Widijanto saat awal mengembangkan Grand Kawanua yang dilengkapi fasilitas convention centre, lapangan golf, hotel berstandar internasional ditujukan untuk meningkatkan kunjungan wisata di Provinsi Sulawesi Utara, bahkan di Grand Kawanua sudah berdiri bangunan sekretariat CTI.

Widijanto menjelaskan, CTI dibentuk untuk menyelamatkan terumbu karang diberbagai belahan negara di dunia, untuk itu dibentuk sekretariat tetap bertempat di Grand Kawanua City Manado sebagai sumber data, pusat pelatihan, serta koordinasi tingkat regional dan nasional.

"Tujuan kita membangun Grand Kawanua City agar daerah dapat menciptakan pendapatan dari sektor pariwisata, peluang pekerjaan, serta tujuan akhirnya ekonomi negara akan berkembangg," tutur Widijanto.

Widijanto mengatakan, dampak dari kegiatan MICE di Manado saat ini dapat dilihat dari meningkatnya frekuensi penerbangan nasional dan internasional, pendapatan daerah dari pajak juga meningkat, serta ekonomi masyarakat juga semakin bertumbuh.

Widijanto mengatakan, AKR Land Development investasi Rp300 miliar untuk mendukung investasi pemerintah yang diperkirakan senilai Rp2 triliun berupa pembangunan infrastruktur seperti tol Manado - Bitung, pembangunan pelabuhan laut Bitung, serta pembangkit listrik tenaga panas bumi di Lahendong Sulawesi utara.

Grand Kawanua International City dibangun di atas lahan seluas 300 hektar di dalamnya terdiri dari 180 hektar untuk perumahan rencananya diisi 4000 unit rumah yang dipasarkan dengan harga mulai Rp400 juta, lapangan golf internasional 18 lubang, convention centre, Hotel Novotel Grand Kawanua, CTI, mall tengah fitting out, ruko, wedding chapel dan fasilitas lainnya.

"Kami juga dalam waktu dekat akan membangun apartemen di kawasan ini sebagai antisipasi permintaan hunian dalam waktu dua

Pemerintah Berikan Penghargaan bidang Layanan Kesehatan 

Pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menyerahkan penghargaan kepada pihak yang dianggap berjasa dalam pelayanan kesehatan masyarakat dalam ajang puncak Jambore Perdesaan Sehat 2014 di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan.



"Perdesaan Sehat Award 2014 diberikan kepada pihak-pihak yang menunjukkan komitmen dan konsistensinya dalam pelaksanaan kebijakan Percepatan Pembangunan Kualitas Kesehatan Berbasis Perdesaan (Perdesaan Sehat)," kata Ketua Panitia Jambore Perdesaan Sehat 2014 Hanibal Hamidi saat dihubungi, Kamis.

Perdesaan Sehat Award 2014 sudah 2 kali diselenggarakan setiap tahun berupa pemberian penghargaan bagi kepala daerah (gubernur dan bupati), dokter Puskesmas, bidan desa, tenaga sanitarian, tenaga gizi dan kader relawan perdesaan sehat yang berprestasi di 183 Daerah Tertinggal.   

Perdesaan Sehat Award seyogyanya dihadiri oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Menteri Kesehatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Menteri Pertanian.

Dalam kesempatan itu juga hadir Gubernur Sulawesi Selatan Yassin Limpo, Bupati Gowa, bupati/wakil bupati dari beberapa daerah tertinggal, kepala Dinas Kesehatan, Bappeda, tujuh perguruan tinggi, kelompok kerja, asosiasi profesi dokter dan bidan yang merupakan mitra Perdesaan Sehat.

Jambore  Perdesaan  Sehat  2014 merupakan  gabungan  rangkaian kegiatan yang di awali dengan Jalan Sehat di Anjungan Pantai Losari (16/11/2014), dilanjutkan dengan diskusi film perdesaan sehat 2014, lomba mewarnai Untuk anak dan donor Darah di Mal Ratu Indah Maskassar bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar (18/11/2014).

Pameran foto perdesaan sehat, simposium perdesaan sehat, kemah remaja perdesaan sehat 2014 di benteng Somba Opu kabupaten Gowa (19/11/2014) dan di tutup dengan kegiatan puncak Jambore Perdesaan Sehat yaitu Perdesaan Sehat Award 2014 di Aula Kantor Bupati Gowa (20/11/14).

Dari keseluruhan rangkaian kegiatan Jambore Perdesaan Sehat Tahun 2014, Simposium Perdesaan Sehat adalah bagian penting dari kegiatan Jambore Perdesaan Sehat 2014 tersebut. Forum Simposium ini akan menghadirkan seluruh komponen Perdesaan Sehat, yang fokus pada pembahasan upaya percepatan pembangunan Perdesaan Sehat di daerah tertinggal.

Simposium menghadirkan pembicara panel pertama setingkat eselon I dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Kementerian Pertanian.

Sedangkan Panel kedua menghadirkan pembicara: Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya KPDT, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) serta Ketua POKJA Perdesaan Sehat Tahun 2014.

Kegiatan ini juga dihadiri undangan dari pemerintah daerah tingkat provinsi, kota dan kabupaten, terutama dari daerah tertinggal. Dinas Kesehatan seluruh daerah tertinggal, Relawan Perdesaaan Sehat, ahli kesehatan, ahli gizi, ahli lingkungan, asosiasi dokter, bidan, perguruan tinggi serta pihak-pihak yang relawan lainnya.

Kerangka pelaksanaan kegiatan Jambore Perdesaan Sehat adalah Peraturan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pedoman Pembangunan  di Daerah Tertinggal, pencapaian sasaran Prioritas Nasional 3 Kesehatan Tahun 2014 dan Target MDG¿s Tahun 2015 di Daerah Tertinggal, Terdepan, Terluar dan Paska Konflik (Prioritas Nasional 10).

Kegiatan Jambore Perdesaan Sehat sudah memasuki tahun kedua, yang memiliki sasaran: Pertama, penguatan-penguatan komitmen stakeholder di daerah; Kedua, mobilisasi isu gagasan dan capaian bagi Pembangunan Perdesaan Sehat, serta; Ketiga mengundang keterlibatan masyarakat atas konsepsi dan implementasi Pembangunan Perdesaan Sehat.

Penerima award masing satu orang dari dokter puskesmas, bidang desa, tenaga sanitasi dan air bersih, serta tenaga gizi. Serta bupati kepala daerah. Kepala daerah penerima award yakni bupati sebanyak 18 bupati dari kabupaten di

Petugas Satpol PP Kota Tangerang Dilatih Profesionalitas 

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) harus dapat menunjukan sikap simpatik dalam melakukan tugasnya. Sebagai penegak peraturan daerah (Perda) dan penjaga ketentraman masyarakat dan ketertiban umum, Satpol PP diharapkan memiliki kompetensi dan integritas sehingga masyarakat merasa nyaman dan  terlindungi.

Kepala Pol PP Kota Tangerang Mumung Nurwana, Pol PP dihadapkan pada berbagai tantangan yang menuntut untuk bersikap profesional.

Kecamatan Batu Ceper Pilot Project Tangerang Berkebun 

Tangerang (AntaraBanten)  - Program Tangerang Berkebung yang digagas Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, di setiap RW saat ini terus dikembangkan. Kecamatan Batu Ceper pun terpilih sebagai pilot project dalam penerapan program Tangerang Berkebun bagi daerah lainnya karena sebagai lokasi pertama terlaksananya program tersebut.

Puluhan Rumah Di Rangkasbitung Tergenang Banjir 

Puluhan rumah di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak tergenang banjir dengan ketinggian antara 50-60 centimeter setelah hujan deras mengguyur daerah itu selama empat jam lebih.

Berdasarkan pantauan, Rabu, menunjukan sekitar 35 rumah warga Kelurahan Muara Ciujung Timur Rangkasbitung tergenang banjir.

 

KS Cemas Investor Kabur

imageBerita CILEGON – Kekhawatiran PT Krakatau Steel (KS) akan ketidak­percayaan investor untuk tetap menanamkan sahamnya di lantai bursa sepertinya menjadi perhatian se­rius pihak manajemen. Ini lan­taran pasca-direksi ... Selengkapnya »



 
 

PERIHAL | DAFTAR TANYA JAWAB | BUKU TAMU | KONTAK KAMI
© 2013 by Indonesian Investment Coordinating Board. All rights reserved