ENGLISH     BAHASA INDONESIA
 
 
 
 
 

PROFIL DAERAH KABUPATEN AGAM

 

KOMODITI UNGGULAN DAERAH

 

LINK TERKAIT

 

KONTAK

 
 
 
LINK TERKAIT

     

 
KONTAK

      Direktorat Pengembangan Potensi Daerah BKPM
      Jl. Gatot Subroto 44
      Jakarta Selatan
      DKI Jakarta
      Indonesia, 12190
      Tel: +62 21 525584


 
 
IN COLLABORATION WITH PROVINCES OF INDONESIA :
 

Mon, 21 Apr 2014

Potensi Wisata alam di Kabupaten Agam
 

Obyek Wisata yang ada di Kabupaten Agam adalah :
1. Puncak Lawang dan XIII Nan Basa
- Lokasi : Kecamatan Matur,
Puncak Lawang dan XIII Nan Basa adalah 2 objek wisata yang berada di Puncak Bukit yang menghadap ke danau, berada 1.210 m diatas permukaan laut. Pada zaman penjajahan Belanda, Objek ini sudah dijadikan sebagai tempat peristirahatan bagi kaum bangsawan Belanda saat itu. Dari sini kita dapat menikmati kawasan Danau Maninjau dan juga Samudra Indonesia.

2. Ekowisata Lasi
- Lokasi : Kecamatan Candung
Ekowisata Lasi Gunung Merapi ini termasuk dalam wilayah Nagari Lasi yang terletak kira-kira 15 km kearah timur dari Kota Bukittinggi. Dilokasi ekowisata ini, anda bisa menjumpai perkebunan markisa, jeruk dan sayur-sayuran. Disamping menikmati kesegaran udara pegunungan, anda bisa menyaksikan pemandangan alam yang indah dengan kota Bukittinggi dari kejauhan. Ada beberapa kegiatan wisata yang sering dilakukan disini seperti Kemah Seniman, Hiking, Trekking, Outbond, pelestarian lingkungan dan kegiatan tahunan Pekan Ekowisata.

3. Pulau Ujuang dan Pulau Tapi
- Lokasi : Kecamatan Tanjung Mutiara
Pulau Ujuang dan Pulau Tapi terdiri dari 2 pulau berada kira kira 1 km dari objek wisata Bandar Mutiara, daya tarik objek ini merupakan minat khusus bahari dan cocok pembudidayaan penyu.

4. Danau Maninjau
- Lokasi : Kecamatan Tanjung Raya
Danau Maninjau adalah sebuah danau di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat. Danau ini terletak sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang, ibukota Sumatera Barat, 36 kilometer dari Bukittinggi, 27 kilometer dari Lubuk Basung, ibukota Kabupaten Agam. Maninjau yang merupakan danau vulkanik ini berada di ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut. Luas Maninjau sekitar 99,5 km dan memiliki kedalaman maksimum 495 meter. Cekungannya terbentuk karena letusan gunung yang bernama Sitinjau (menurut legenda setempat), hal ini dapat terlihat dari bentuk bukit sekeliling danau yang menyerupai seperti dinding. Menurut legenda di Ranah Minang, keberadaan Danau Maninjau berkaitan erat dengan kisah Bujang Sembilan.

5. Air Terjun Badorai
- Lokasi : Kecamatan Sungai Puar
Terdapat di Nagari Sungai Puar Kecamatan Sungai Puar, yang berjarak sekitar 8 km dari kota Bukittinggi. Disini terdapat 4 air terjun dengan ketinggian bervariasi. Namun yang paling terkenal adalah Air Terjun Aier Badorai 1, Badorai 2 dan Badorai 3. Objek wisata ini berdekatan satu sama lain. Air Terjun Badorai 1 dan 2 memiliki ketinggian yang sama mencapai 50 meter dan badorai 3 memiliki keinggian mencapai 20 meter. Badorai 3 merupakan air terjun paling indah dan paling banyak dikunjungi karena disana pengunjung dapat bermain seluncur dibatu gunung yang halus. Objek wisata ini masih sangat alami dan akan sangat menyenangkan untuk dinikmati.

6. Pantai Ujung Karang.
- Lokasi : Kecamatan Tanjung Mutiara
Keindahan pantai ini belum dapat dinikmati oleh wisatawan, kare letaknya yang sangat jauh dari jalan raya (lebih kurang 35 km) dan kondisi jalan yang kurang baik untuk dilewati. Selain itu belum ada upaya dari pemerintah untuk menjadikan pantai ini sebagai salah satu objek wisata alam yang dapat dikunjungi. Menurut masyarakat sekitarnya, pantai ini pada zaman penjajahan Belanda, telah digunakan sebagai pelabuhan. Namun tidak terlihat sisa-sisa peninggalan kecuali jalan yang sudah rusak.

7. Pantai Tiku
- Lokasi : Kecamatan Tanjung Mutiara,
Pantai Tiku terletak setelah pantai Bandar Mutiara dari Pariaman. Pantai Tiki biasanya sering digunakan sebagai tempat acara-acara tahunan yang banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar maupun dari daerah luar. Pengunjung yang datang biasanya dapat menikmati keindahan pantai dan kemeriahan acara yang diadakan beberapa kali dalam setahun, misalnya perayaan hari Raya Idul Fitri, Tahun Baru dan Tujuh Belasan. Pantai ini terletak di jorong Pasir tiku, Kenagarian Tiku Selatan.

8. Kelok 44
- Lokasi : Kecamatan Tanjung Raya,
Kelok 44 dapat dijadikan wisata alam yang menarik untuk dinikmati, karena sepanjang perjalanan,dapat dinikmati keindahan danau dan kera-kera jinak yang berkeliaran sepanjang jalan. Kelok 44 dimulai di kelok 1 dari Danau Maninjau menuju Bukittinggi.

9. Aia Tigo Raso
- Lokasi : Kecamatan Tanjung Raya,
Aia Tigo Raso atau Air Tiga Rasa adalah salah satu objek wisata yang paling unik yang ada di kabupaten Agam. Disebut unik karena dalam satu kolam terdapat air yang memiliki tiga rasa yaitu manis, asam dan pahit, karena keunikan dari air ini banyak turis lokal maupun turis asing yang datang, selain itu air ini juga dipercaya dapat menjadi obat bagi penyakit kulit dan dapat membuat orang menjadi awet muda. Lokasi objek wisata ini hanya beberapa meter dari pingiran jalan raya Lubuk Basung Maninjau atau tepatnya terletak 11 Km dari Kota Lubuk Basung ke arah Maninjau, dapat ditempuh dengan mudah baik dengan kendaraan umum maupun pribadi.

10. Taman Wisata Muko-Muko
- Lokasi : Kecamatan Tanjung Raya,
Muko-muko adalah kawasan yang berada dipinggir danau Maninjau berdekatan dengan PLTA. Tempat ini menyajikan pesona tersendiri karena didukung oleh beberapa fasilitas seperti taman rekreasi, tempat ibadah yempatr bermain anak dan juga pulau legenda.

11. Air Terjun Tiga Tingkat
- Lokasi : Kecamatan Palupuh,
Air Terjun Tiga Tingkat terletak di Jorong Pua Gadih. Wisata air terjun ini tengah dikelola untuk dijadikan objek wisata dengan melengkapi berbagai sarana untuk kenyamanan para pengunjung. Letak air terjun tidak jauh dari jalan raya.

12. Ambun Pagi
- Lokasi : Kecamatan Matur,
Objek wisata ini terletak di desa Padang Galanggang sekitar 24 km dari Kota Bukittinggi. Dari tempat ini dapat dinikmati keindahan Danau Maninjau sembari manyaksikan kemilau air danau yang diterpa cahaya mentari petang yang tengelam dibalik perbukitan. Panorama embun pagi ini terletak diketinggian lebih kurang 1000 meter dari permukaan laut. Objek wisata ini telah dilengkapi dengan fasilitas hotel serta penjual-penjual souvenir seperti tas, tikar, topi dan lain sebagainya.

13. Ngalau Tarang
- Lokasi : Kecamatan Kamang Magek,
Ngalau Tarang terletak tidak jauh dari Surau Tuanku Nan Renceh Nagari Kamang Mudiak. Jalan menuju tempat ini pun tidak jauh, hanya 100 meter dari jalan kampung dan sudah bagus. Ngalau ini terbentuk dari batu kapur yang membuat lubangnya terlihat terang. Tinggi mulut Ngalau mencapai 20 meter panjangnya lebih dari 20 meter. Saat ini kondisi ngalau masih terawat dengan baik dan sangat menarik untuk dikunjungi.

14. Ngalau Kamang
- Lokasi : Kecamatan Kamang Magek,
Gua Kamang yang terletak di Jorong Durian, Kanagarian Kamang Mudik, Kecamatan Kamang Magek, merupakan salah satu gua yang dahulunya dipergunakan oleh pejuang Agam untuk berbagai keperluan dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia dari pihak kolonial Belanda. Gua ini dijadikan sebagai tempat untuk mengatur strategi dalam Perang Kamang, diantara tokoh yang pernah menggunakannya adalah Haji Abdul Manan. Dalam kehidupan sehari-hari gua ini lebih dikenal dengan sebutan Ngalau Kamang.

15. Pemandian Alam dan Mecusuar Sungai Tanang
- Lokasi : Kecamatan Banuhampu,
Pemandian Alam Sungai Tanang terletak berdekatan dengan Mesjid Jami' Sungai Tanang. Air di kolam pemandian ini jernih dan dingin. Disana tersedia beberapa alat perlengkapan untuk berenang yang bisa disewa. Dari tempat ini, pengunjung dapat menikmati keindahan Gunung Merapi secara utuh. Yang lenih menarik, tempat ini terletak tidak jauh dari jalan raya, sehingga dapat dikunjungi oleh siapa saja. Dan salah satu yang menarik tak jauh dari Pemandian Alam Sungai Tanang adalah 3 buah bangunan berbentuk tiang yang sangat tinggi menjulang langit, terbuat dari beton dan berdiri di tengah-tengah sawah. Bangunan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi yang akan mengunjungi nagari Sungai Tanang.

16. Bunga Raflesia
- Lokasi : Kecamatan Banuhampu,
Bunga raksasa Raflesia Arnoldi ditemukan pada tahun 1930 oleh seorang ahli biologi dari Belanda. Akhirnya, penemuan tersebut dipatenkan atas nama penemuannya, Arnoldi dan kemudian hari bunga raksasa itu lebih dikenal dengan nama Raflesia Arnoldi. Dengan penemuannya telah membawa nama harum bagi daerah yang mempunyai habitat Raflesia.

17. Telaga Anggrek
-
Lokasi : Kecamatan Ampek Nagar, i

Telaga Anggrek atau Danau Mini terletak lebih kurang 30km dari Lubuk Basung, tepatnya di Jorong Lubuk Alung nagari Bawan. Nama Asli Telaga Anggrek ini adalah Talago Aia Bus, karena air dalam telaga ini tidak dijumpai air yang masuk maupun yang keluar, dan tidak pernah mengalami kekeringan. Disebut telaga Anggrek, karena disekeliling danau ditumbuhi oleh bunga Anggrek Bulan. Jalan menuju danau ini pernah dibangun pada masa saat ini, kondisi jalan dan danau tidak terawat sehingga suasananya masih alami.

18. Air Terjun dan Pemandian Gadih ranti
- Lokasi : Kecamatan Tanjung Raya,
Air terjun Gadih Ranti terletak 1,6 km dari Jalan Raya Lubuk basung - Maninjau, dan berdekatan dengan bendung irigasi barang Antokan. Secara rinci akses menuju lokasi air terjun ini malalui jalan Lubuk Sao - Arikia. Sepanjang 600 meter menuju lokasi masih jalan setapak. Saat ini telah terdapat Gazebo tempat wisata dilokasi air terjun. Air terjun ini terdiri dari beberapa tingkat. Keindahan dan kealamiannya menjadi daya tarik tersediri bagi pengunjung. Satu hal yang menjadi daya tarik adalah tidak adanya pungli (pungutan liar) bagi pengunjung yag akan menikmati suasana air terjun ini.

19. Pantai Bandar Mutiara
- Lokasi : Kecamatan Tanjung Mutiara,


Pantai bandar Mutiara berada tidak jauh dari jalan raya Pariaman - Lubuk basung, dengan jarak lebih kurang 100 meter dari jalan raya. Dari Kota Padang, pantai ini berjarak kira-kira 100 km atau 20 km jika dari Lubuk Basung, ibukota Kabupaten Agam. Pantai ini terletak di Jorong Banda Gadang, Kenagarian Tiku Selatan.

20. Ngalau Baso
- Lokasi : Kecamatan Baso,
Jika melewati mulut Ngalau Baso maka ujung dari ngalau ini adalah Ngalau Simarasok. Kedua ngalau ini saling berhubungan di dalam perut bukit.

21. Ngalau Simarasok
- Lokasi : Kecamatan Baso,
Ngalau Simarasok terletak di Jorong Simarasok, Nagari Sei Janiah. Untuk menuju ke Ngalau tersebut yang terletak lebih kurang 4 km dari jalan raya Baso, harus melewati jalan tanah dan berbatua sejauh 1 km. Ngalau ini sangat besar dan panjang. Tinggi mulut ngalau mencapai 25 meter dan lebar lebih dari 10 meter.

22. Ikan Sakti Sei Janih
- Lokasi : Kecamatan Baso,
Wisata ini terletak di Desa Sei. Janiah Kecamatan Baso 13 Km ke Timur Kota Bukittinggi.

23. Taman Raya Balingka
- Lokasi : Kecamatan IV Koto,
Taman Raya Balingka adalah taman yang terletak diatas peerbukitan. Di taman ini terdapat beberapa gajebo sebagai tempat istirahat sambil menikmati panorama dari ketinggian ini. Akses meniju tempat ini pun sangat mudah, karena jalan mendaki yang sudah diaspal dan jaraknya lebih kurang 1 km. Taman ini banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar dan luar daerah. Biasanya dijadikan tempat rekreasi bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam yang masih alami dari tempat ketinggian.

24. Gunung Merapi
- Lokasi : Kecamatan Sungai Puar,
Gunung Merapi yang juga dikenal sebagai Merapi atau Berapi memiliki ketinggian 2891,3 m dari permukaan air laut. Sebagai salah satu gunung yang paling aktif di Sumatera, Merapi sudah sering meletus. Terhitung sejak akhir abad 18 hingga 2008 tercatat kira-kira sudah 454 kali melatus, 50 di antaranya dalam skala besar, sedangkan sisanya dalam skala kecil dengan mengeluarkan abu belerang.


Legenda
PropinsiKabupaten
Wisata alam

  Re-Draw Map


  


 
 

PERIHAL | DAFTAR TANYA JAWAB | BUKU TAMU | KONTAK KAMI
© 2013 by Indonesian Investment Coordinating Board. All rights reserved