ENGLISH     BAHASA INDONESIA
 
 
 
 
 

PROFIL DAERAH KABUPATEN SUBANG

 

KOMODITI UNGGULAN DAERAH

 

LINK TERKAIT

 

KONTAK

 
 
 
LINK TERKAIT

     

 
KONTAK

      Direktorat Pengembangan Potensi Daerah BKPM
      Jl. Gatot Subroto 44
      Jakarta Selatan
      DKI Jakarta
      Indonesia, 12190
      Tel: +62 21 525584


 
 
IN COLLABORATION WITH PROVINCES OF INDONESIA :
 

Fri, 25 Apr 2014

Potensi Wisata Budaya di Kabupaten Subang
 

Objek Wisatanya adalah:
-Atraksi Sisingaan
Saksikan pertunjukan seni khas Subang, Sisingaan. Kesenian ini juga dikenal juga dengan sebutan Gotong Singa atau Odong-odong.

-Dombret
Kesenian ini mempunyai kemiripan dengan seni ronggeng (Ketuk Tilu), baik dilihat dari struktur pertunjukannya, lagu-lagu yang digunakan, maupun musik pengiringnya. Istilah dombret sama halnya dengan doger atau ronggeng, yaitu penari wanita yang memiliki kemampuan menyanyi dan menari.

-Situs Talun
Situs Talun secara administratif termasuk di wilayah Desa Telaga Sari, Kecamatan Sagalaherang. Lahan situs berupa kebun pada bukit kecil di ujung selatan kampung, tepatnya pada posisi 0638 02,6 LS dan 10737 32,9 BT pada ketinggian sekitar 450 m.

-Makam Aryawangsa Gopana
Makam Aria Wangsa Goparana terletak di Blok Karang Nangka Beurit, Desa Sagalaherang Kaler, Kecamatan Sagalaherang. Karena berada di Blok Karang Nangka Beurit, maka situs ini lebih dikenal dengan sebutan Keramat Nangka Beurit. Komplek makam berada di ujung kampung dekat areal persawahan tepatnya pada koordinat 0639 59 Lintang Selatan dan 10739 05 Bujur Timur.

-Rumah Sejarah kalijati
Rumah Bersejarah Kalijati berada di Komplek Garuda E 25 Lanud Suryadarma, secara administratif termasuk di wilayah Desa Kalijati Barat, Kecamatan Kalijati. Lokasi ini tepatnya berada pada posisi 06 31' 426" Lintang Selatan dan 107 39' 660" Bujur Timur, sekitar 25 km dari kota Subang.

-Sekolah Penerbangan Belanda
Gedung bekas Sekolah Penerbangan jaman Belanda juga berada di komplek Lanud Suryadarma, Kalijati. Gedung bergaya postmodern yang sekarang untuk Wing Pendidikan Teknik dan Pembekalan, Komando Pendidikan TNI Angkatan Udara ini, berada pada koordinat 06 31' 574" Lintang Selatan dan 107 40' 031" Bujur Timur.

-Wisma Karya
Wisma Karya beralamat di Jl. Ade Irma Suryani Nasution No. 2. Secara administratif termasuk di Kampung Karanganyar, Desa Karanganyar, Kecamatan Subang, tepatnya pada posisi 06 34' 263" Lintang Selatan dan 107 45' 557" Bujur Timur. Lokasi ini sangat mudah dicapai karena berada pada pintu gerbang ke kota Subang dari arah Bandung.

-Rumah Dinas Camat Sagalaherang
Salah satu bangunan lama peninggalan masa kolonial adalah rumah dinas Camat Sagalaherang. Bangunan rumah dinas yang berada di bagian barat halaman komplek kantor camat ini, tepatnya berada pada posisi 06 40' 454" Lintang Selatan dan 107 39' 173" Bujur Timur. Secara administratif berada di wilayah Dusun Kitipik, Desa Sagalaherang Kidul, Kecamatan Sagalaherang.

-Museum Amerta Dirgantara Mandala Lanud Suryadarma
Selintas Museum
Gedung Museum Amerta Dirgantara Mandala lanud Suryadarma merupakan gedung peninggalan Belanda, yang dibangun pada tahun 1917. Luas areal seluruhnya sekitar 9000 m2 . Terdiri atas gedung museum, Hanggar Pesawat Terbang, Apron dan tempat parkir kendaraan. Museum ini berada di kawasan Pangkalan Udara TNI AU Suryadarma, kurang lebih 15 km barat pusat kota Subang. Museum ini diresmikan oleh Marsekal TNI Ashadi Tjahyadi pada tanggal 10 April 1982 menempati gedung Hanggar C Lanud Suryadarma.

-Batu Kapur / Legok Kiara
Salah satu situs arkeologis di Subang yang dapat Anda kunjungi adalah Legok Kiara. Lokasinya yang unik, berupa bukit kecil di tepi jalan desa, terletak di antara Sagalaherang dan Kalijati.

-Makam embah dalem rangga dipa
Di sekitar situs ini ada tiga sumur, yaitu Sumur Kejayaan, Awet Muda, dan Pengasihan, yang biasanya digunakan oleh pengunjung untuk cuci muka (mandi) setelah berziarah ke makam Eyang Rangga Dipa.

-Makam Kuno Gelok
Lokasi: Kampung Maranggi, Desa Kosambi, Kecamatan Cipunagara


-Desa Wisata Wangunharjo
Merupakan salah satu gambaran desa yang ada di daerah Subang dengan adat istiadat dan kebudayaan yang masih kental dan sampai sekarang adat istiadat tersebut masih terus dilaksanakan.

-Gembyung
Gembyung adalah ensambel musik yang terdiri dari beberapa waditra terbang dengan tarompet yang merupakan jenis kesenian bernafaskan Islam.

-Pesta dadung
Pesta Dadung adalah kesenian masyarakat Desa Legokherang, Kecamatan Subang, Kabupaten Kuningan. Kesenian ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke 18 dan sejak awal difungsikan untuk ritus kesuburan (pertanian). Ritus ini dimaksudkan sebagai bentuk pemujaan terhadap Ratu Galuh yang dipercaya masyarakat setempat sebagai ratu pelindung hewan.

-Genjring Bonyok
Genjring Bonyok berarti kesenian Genjring yang awal mulanya berasal dari daerah Bonyok. Kesenian ini merupakan salah satu jenis seni musik tradisional (karawitan) yang alat musiknya terdiri dari Genjring, Bedug, Kecrek, Tarompet dan Goong.

-Upacara Ruwatan Bumi
Dilaksanakan pada Bulan Pebruari di Kampung Banceuy Desa Sanca Kecamatan Jalan Cagak Kabupaten Subang. Ngaruwat merupakan ungkapan rasa syukur atas keberhasilan pertanian, upaya tolak bala, sebagai media penghormatan pada leluhur yang berjasa dalam sejarah perkembangan kampung Banceuy serta sarana silaturahmi masyarakat.

-Toleat
Kesenian Toleat memiliki cerita awal yang menarik. Awalnya diprakarsai oleh para penggembala kerbau (budak angon - Basa Sunda) di pesawahan setelah mereka melaksanakan panen padi di daerah Kecamatan Sukamandi, Kabupaten Subang.

-Museum Daerah kabupaten Subang
Museum Daerah Subang yang diresmikan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Subang pada tanggal 14 Maret 2003. Menggunakan sebagian dari ruangan Gedung Wisma Karya yang merupakan salah satu Benda Cagar Budaya yang ada di Kabupaten Subang.


Legenda
PropinsiKabupaten
Wisata Budaya

  Re-Draw Map


  


 
 

PERIHAL | DAFTAR TANYA JAWAB | BUKU TAMU | KONTAK KAMI
© 2013 by Indonesian Investment Coordinating Board. All rights reserved