ENGLISH     BAHASA INDONESIA
 
 
 
 
 

PROFIL DAERAH KABUPATEN BEKASI

 

KOMODITI UNGGULAN DAERAH

 

LINK TERKAIT

 

KONTAK

 
 
 
LINK TERKAIT

     

 
KONTAK

      Direktorat Pengembangan Potensi Daerah BKPM
      Jl. Gatot Subroto 44
      Jakarta Selatan
      DKI Jakarta
      Indonesia, 12190
      Tel: +62 21 525584


 
 
IN COLLABORATION WITH PROVINCES OF INDONESIA :
 

Thu, 17 Apr 2014

Potensi Wisata Budaya di Kabupaten Bekasi
 

Objek Wisatanya adalah:
-Rumah Tradisional Saung Ranggon
Saung Ranggon terletak di Kampung Cikedokan, Desa Cikedokan, Kecamatan Cikarang Barat, dengan keletakan pada 107 0'.204" BT dan 06 20' 298" LS , serta ketinggian 61 di atas permukaan air laut. Desa Cikedokan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum (angkot) jurusan Cikedokan Setu. Lokasi Kampung Cikedokan memang agak terpencil dari kampung-kampung lainnya.

-Rumah Tuan Tanah Pabayuran
Rumah Tuan Tanah Pebayuran terletak di Jalan Raya Pebayuran, Desa Pebayuran, Kecamatan Pebayuran. Seraca geografis terletak pada 107 17'.091" BT dan 06 12' 913" dan 52 di atas permukaan laut.

-Gedung Tinggi
Gedung ini berada pada lingkungan perumahan dan perkantoran. Berada di tepi jalan raya Hasanudin No. 5, Kecamatan Tambun Selatan atau jalan yang menghubungkan Tambun-Bekasi-Jakarta. Jarak Bandung ke Tambun sekitar 95 km, dan Tambun - Bekasi ke arah Barat sekitar 10 km, dapat ditempuh dengan kendaraan umum dari berbagai arah. Secara geografis gedung berada pada koordinat 107 05'.455" BT dan 06 25' 953" LS dan ketinggian 33 m di atas permukaan laut.

-Klenteng Liem Thay Soekong
Klenteng Liem Thay Soekong (Kong Siang Tee Kong) terletak di Jalan K.H. Fudolih, Kampung Klenteng, Desa Karang Asih, Kecamatan Cikarang Utara. Berada pada koordinat 06 15 294 LS dan 107 08 557 BT, dengan ketinggian 95 fit dari permukaan tanah.

-Wayang Kulit Bekasi
Wayang Kulit Bekasi sebenarnya masih memiliki latar belakang yang sama dengan wayang-wayang sejenis di Pulau Jawa. Yang membedakan, selain faktor sosiologis dan pengaruh budaya lingkungan, wayang kulit Bekasi memiliki tokoh yang lebih mirip dengan wayang golek, misalnya Semar, Cepot, Udel dan Gareng, sementara Dorna digambarkan dengan wajah keArab-araban dengan memakai topi haji.

-Calung Dalengket
Asal-usul Calung Dalengket yang ada di Kecamatan Lemah Abang Kabupaten Bekasi berasal dari sejenis permainan anak-anak gembala. Permainan ini di mainkan setiap habis panen dengan mengambil tempat di sawah atau di tegalan (ladang). Permainan ini biasanya di ikuti oleh tua dan muda, laki-laki dan perempuan serta bersifat lomba dengan ketentuan yang paling banyak penontonnya itulah sebagai pemenang.

-Godot dan Penca Karuhun
Tidak seperti Pencak Silat lainnya di Tatar Sunda, Godot merupakan seni bela diri tanpa iringan tetabuhan. Gerakan jurus-jurusnya sama seperti Pencak Silat dan mengutamakan isi atau bentuk-bentuk gerak perkelahian yang sebetulnya. Dalam peragaannya, baik peragaan jurus-jurus secara tunggal, lbing Tunggal, maupun peragaan perkelahian, dilakukan layaknya orang yang sedang betul-betul berkelahi.

-Kliningan Tanji
Kiliningan Tanji sama halnya dengan Tanjidor, namun dalam pertunjukkannya disertakan seperangkat Gamelan Salendro, yaitu perangkat gamelan yang biasa dipergunakan dalam pertunjukkan Kiliningan. Oleh karenanya, seni ini dinamakan Kiliningan Tanji, yaitu perpaduan antara tabuhan Tanjidor dengan Gamelan Salendro (Kiliningan).

-Samrah
Samrah merupakan salah satu bentuk kesenian tradisional Betawi yang merupakan perkembangan dari Orkes Harmonium. Pada jaman Belanda, Harmonium lebih terkenal daripada Biola. Harmonium dikenal sampai ke Timur Tengah, seperti India, Pakistan, Bangladesh serta musik Melayu di Sumatera, Malaysia, Kalimantan, dan lain sebagainya.

-Situs Buni
Buni Pasar Emas, Desa Buni Bakti , Kecamatan Babelan. Secara geografis terletak pada UTM : X 725.518.19 Y 9.324.459.91 34 dpl / sekitar Latitude : -6.089307 Longitude : 107.022243 dan ketinggian 23 m Di atas permukaan laut.
Situs Buni merupakan kawasan penemuan benda-benda arkeologi, hasil penelitian di wilayah Kampung Buni Pasar Mas dan Buni Pendayakan menunjukkan adanya temuan berupa tembikar terdiri dari macam-macam bentuk dan ukuran berupa periuk, mangkuk berkaki, kendi dan tempayan. Selain itu ditemukan adanya beliung persegi, artefak logam perunggu dan besi, gelang dari batu dan kaca, perhiasan emas, manik-manik, bandul jala dari terakota dan tulang belulang manusia.

-Tanjidor
Salah satu jenis musik tradisional Jawa Barat yang mendapat pengaruh kuat dari musik Eropa adalah Tanjidor. Musik ini hidup dan berkembang di daerah Bekasi dan Karawang. Mengingat daerah Bekasi dan Karawang berdekatan dengan Betawi, maka budaya Betawi sangat kental di kehidupan sosial budaya masyarakat daerah Bekasi dan Karawang, termasuk keseniannya (tanjidor). Tanjidor merupakan ensambel musik yang namanya lahir pada masa penjajahan Hindia Belanda.


Legenda
PropinsiKabupaten
Wisata Budaya

  Re-Draw Map


  


 
 

PERIHAL | DAFTAR TANYA JAWAB | BUKU TAMU | KONTAK KAMI
© 2013 by Indonesian Investment Coordinating Board. All rights reserved