ENGLISH     BAHASA INDONESIA
 
 
 
 
 

PROFIL DAERAH KABUPATEN BANYUMAS

 

KOMODITI UNGGULAN DAERAH

 

LINK TERKAIT

 

KONTAK

 
 
 
LINK TERKAIT

     

 
KONTAK

      Direktorat Pengembangan Potensi Daerah BKPM
      Jl. Gatot Subroto 44
      Jakarta Selatan
      DKI Jakarta
      Indonesia, 12190
      Tel: +62 21 525584


 
 
IN COLLABORATION WITH PROVINCES OF INDONESIA :
 

Sun, 20 Apr 2014

Potensi Wisata alam di Kabupaten Banyumas
 

Obyek Wisata yang ada di Kabupaten Banyumas adalah :
1. Taman Kota
Pembangunan kota sering lebih banyak dicerminkan oleh adanya perkembangan fisik kota yang lebih banyak ditentukan oleh sarana dan prasarana yang ada. Gejala pembangunan kota pada masa yang lalu mempunyai kecenderungan untuk meminimalkan ruang terbuka hijau dan juga menghilangkan wajah alam. Lahan-lahan bertumbuhan banyak dialih-fungsikan menjadi pertokoan, pemukiman, tempat rekreasi, industri dan lain-lain.

2. Lokawisata Baturraden
Lokawisata Baturraden terbentang di sebelah Selatan kaki gunung Slamet pada ketinggian sekitar 640 meter diatas permukaan laut. Baturraden terletak hanya I4 km dari pusat kota Purwokerto yang dihubungkan dengan jalan yang memadai. Di Baturraden wisatawan dapat menikmati pemandangan alam yang indah dan udara pegunungan yang segar dengan suhu I 8C-25C.

3. Wana Wisata Baturraden
Hutan sebagai sumber daya alam, tempat berlindungnya satwa-satwa, stabilizer ecology dan lain-lain merupakan obyek yang berkesinambungan. Wana Wisata Baturraden merupakan hutan lindung dan tempat rekreasi, disamping sebagai sarana pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan juga dapat menimbulkan rasa cinta kepada alam. WanaWisata Baturraden ini terletak 2 km arah timur lokawisata Baturraden.

4. Sumber Air Panas Pancuran Tujuh
Sesuai dengan namanya disebut Pancuran Tujuh atau dalam bahasa jawa disebut Pancuran Pitu karena mempunyai tujuh buah pancuran yang alami mengalir langsung dari Gunung Slamet. Sumber air panas ini mengandung belerang bersuhu antara 70-90 derajat celcius serta mengandung beberapa unsur mineral. Karena kandungan belerangnya, maka sangat efektif untuk therapy pengobatan sakit tulang/rheumatic dan berbagai macam penyakit kulit.

5. Sumber Air Panas Pancuran Tiga
irip dengan Pancuran Tujuh hanya bedanya memiliki tiga buah pancuran saja. Adapun mengenai bentuk dan karakteristiknya sama dengan Pancuran Tujuh. Tidak jauh dari lokasi ini terdapat beberapa kamar mandi yang airnya dialiri dari Pancuran Tiga. Bagi wisatawan yang menginginkan lumpur belerang untuk dibawa pulang, tersedia pula lumpur belerang dalam kemasan botol beraneka ukuran yang bisa digunakan untuk mandi lulur. Obyek wisata ini mudah dijangkau pengunjung karena berada di dalam Lokawisata Baturraden.

6. Obyek Wisata Alam Telaga Sunyi
Apabila mendengar kata Telaga Sunyi, kita tentunya akan teringat judul lagu dari Koes Bersaudara. Obyek wisata ini berada pada ketinggian sekitar 700 meter dpl dan terletak ditengah-tengah lebatnya hutan damar dan pinus yang berjarak sekitar 3 kilometer arah timur dari pintugerbangWanaWisata. Indahnya alam sekitar yang dilengkapi shelter shelter yang membuat wisatawan lebih rileks terasa dinina bobokan mendengarkan sayup-sayup kicauan burung dan capung yang beterbangan disekitar telaga.

7. Air Terjun Curug Gedhe
Merupakan salah satu obyek wisata alam berupa air tejun yang berada di desa Ketenger kurang lebih 3 kilometer arah selatan Lokawisata Baturraden. Mempunyai ketinggian sekitar 25 meter. Bagi para remaja yang gemar wisata minat khusus dapat berkemah disekitar obyek wisata ini. untuk mencapai lokasi curug gede sangatlah berat,di karenakan jalan menuju curug gede sangat curam dan sangat berbahaya bagi anak anak,karena lokasinya berada di bawah lembah atau bukit, curug gede merupakan curug terindah di bandingkan dengan curug curug lainya. panorama di sekitar curug gede sangat menawan,air yang bening,kanan kiri bukit,serta tanaman dan batuan yang menghiasi air terjun gede begitu sangat sempurna.

8. Curug Gamawang
Curug Gumawang ini memiliki ketinggian sekitar 25-an meter. Airnya selalu mengalir jernih. Di curug ini selalu ada anak-anak yang menawarkan atraksi terjun bebas dari puncak curug. Agar mereka mau terjun, penonton diminta melempar uang ke lubuk di bawah curug.
Curug ini berada di selatan kaki Gunung Slamet dengan ketinggian 640 m do atas permukaan air laut.

9. Curug Cipendok
Curug Cipendok adalah air terjun dengan ketinggian 92 meter yang terletak di lereng Gunung Slamet. Curug Cipendok mempunyai daya tarik tersendiri, karena lingkungan masih betul-betul alami. Kesunyian juga masih sangat terasa, sebab belum banyak pelancong yang datang menikmati keindahan alamnya. Hawa di sekitarnya sejuk dan sepanjang jalan menuju ke sana terdapat area perkebunan. Di sekitar wilayahnya terdapat bumi perkemahan dan sebuah telaga yang bernama Telaga Pucung.

10. Tapak Bima
Tapak Bima sudah sangat layak dijadikan salah satu tujuan wisata alam di Kabupaten Banyumas. Selain didukung panorama alam yang indah, Tapak Bima memiliki sejarah yang cukup unik. Konon, lokasi itu merupakan bekas telapak kaki Bima. Jika dilihat dari bentuk kolam, sepintas memang mirip telapak kaki.


Legenda
PropinsiKabupaten
Wisata alam

  Re-Draw Map


  


 
 

PERIHAL | DAFTAR TANYA JAWAB | BUKU TAMU | KONTAK KAMI
© 2013 by Indonesian Investment Coordinating Board. All rights reserved