ENGLISH     BAHASA INDONESIA
 
 
 
 
 

PROFIL DAERAH KOTA TEGAL

 

KOMODITI UNGGULAN DAERAH

 

LINK TERKAIT

 

KONTAK

 
 
 
LINK TERKAIT

     

 
KONTAK

      Direktorat Pengembangan Potensi Daerah BKPM
      Jl. Gatot Subroto 44
      Jakarta Selatan
      DKI Jakarta
      Indonesia, 12190
      Tel: +62 21 525584


 
 
IN COLLABORATION WITH PROVINCES OF INDONESIA :
 

Thu, 24 Apr 2014

Potensi Wisata Budaya di Kota Tegal
 

Obyek wisata yang ada di Kota Tegal adalah :
1. Pendopo Balaikota Tegal
Pendopo Ki Gede Sebayu Berdiri tahun 1825 bersamaan dengan pembangunan masjid agung kota tegal . setelah sebelumnya Pendopo berada di kompleks kaloran. Pada masa awal Kemerdekaan Gedung ini Digunakan oleh Pemerintah Kabupaten Tegal Pada Masa kepemimpinan Sjamsuri Mastur Gedung ini di tempati Pemerintah Kota Tegal.

2. Stasiun Kota Tegal
Stasiun Tegal dibangun pada tahun 1885 sebagai stasiun trem JSM (Java Spoorweg Maatschappij). Pada tahun 1897, Stasiun Tegal dibeli oleh maskapai perkeretaapian SCS (Semarang-Cheribon Stoomtram Maatschappij), stasiun dengan atap besar berbahan kayu yang mengatapi tiga sepur (jalur). Pada tahun 1918, sebagian dari bangunan direnovasi berdasarkan karya arsitek Henri Maclaine Pont (1885-1971) tetapi atap buatan tahun 1897 tidak diubah banyak.

3. Gedung Birao (SCS)
Berdasarkan rancangan Henri Maclaine port (1885 - 1971) pada tahun 1910 di belanda Gedung SCS (Samarang-Cheribon Stoomtram Maatschappij) Kantor Birao dibangun Belanda pada tahun 1913. Dengan acuan konsep arsitektur eropa pada negara jajahan (Euroeesche Stoomtram Maatschappij) yang merespon lintasan matahari tropik degan pola massa bangunan diletakkan memanjang dari timur ke barat.

4. Gedung DPRD
Gedung DPRD Bangunan peninggalan Belanda yang berdiri tahun 1750an oleh Mathijs Willem de Man (1720-1763) semula menjadi rumah pribadi Residen Tegal masa itu. Pada tahun 1950 setelah pembentukan Kabupaten dan kota Oleh Pemerintah Republik Indonesia, yang menyatakan Exs Gemeente Tegal adalah Kota Kecil. Fungsi bangunan ini berubah menjadi Balai Kota Tegal. Pada tahun 1987 Setelah Balaikota Tegal pindah dari Jl Pemuda Ke Jl Kigede sebayu. Gedung ini resmi menjadi kantor DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah).

5. Kantor Pos Besar
Dibangun sekitar tahun 1930 an, Dahulu digunakan sebagai Markas Angkatan Laut, kemudian pada tahun 1954 diserahkan kepada PTT (Posts Telegraafend Telefoon Diensts) pad tahun 1961 Jawatan PTT berubah menjadi Perusahaan Negara (PN) Pos dan Telekomunikasi, hingga sekarang bernama Gedung Kantor Pos

6. Dansional Tegal
Kota Tegal menjadi tempat didirikannya Badan Keamanan Rakyat Laut (BKR Laut) pada awal kemerdekaan Republik Indonesia, BKR Laut ini dipelopori oleh pelaut pelaut yang pernah bertugas di jajaran koninklijke marine (AL Belanda) dan kaigun di masa penjajahan jepang. Sebagai cikal bakal dari pembentukan TNI Angkatan Laut saat ini. Bangunan Dansional Kota Tegal berdiri pada 1914 Masehi. Hingga Kini, bangunan Lanal di jalan Proklamasi Kota Tegal masih dimanfaatkan sebagai gedung angkatan Laut.

7. Masjid Agung Kota Tegal
Mesjid Agung Kota Tegal yang terletak di sebelah barat Alun-alun Kota Tegal, Kelurahan Mangkusuman Kecamatan Tegal Timur. Awalnya hanya digunakan untuk melaksanakan ibadah sholat, namun seiring dengan berjalannya waktu mulai ikut berperan dalam kegiatan-kegiatan lainnya. Di antaranya adalah menyelenggarakan seminar, dialog, pelatihan-baik dilaksanakan oleh lembaga-lembaga internal mesjid maupun dari pihak-pihak luar.

8. Kelenteng Tek Hay Kiong
Kelenteng Tek Hay Kiong Tegal, berdiri diatas tanah seluas 4500 meter persegi, usia kelenteng Tek Hay Kiong kini sekitar 305 tahun dengan Tuan Rumahnya Ze Hai Zhen Ren / Tek Hay Cin Jien, yang nama aslinya Konco Guo Liuk Kwan [Kwee Lak Kwa] yang artinya "Seorang insan yang telah mencapai Ke Tuhanan dan Kebajikan seluas lautan", merupakan dewa pujaan utama di Kelenteng Tek Hay Kiong Tegal.

9. Waterleideng
Tower Woterleideng Bedrif of Province Maden Java (Water toren)dibangun pada jaman Belanda (politik etis) tahun 1917 untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kota Tegal. pada bagian atas menara terdapat sirine yang Pernah berfungsi sebagai sirine tanda buka puasa dan tanda imsak pada era 60-an. Sekarang bangunan ini di pelihara dan di kelola oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

10. Bioskop Dewa
Umur bioskop ini hampir seumuran dengan Bioskop Roxi. Ada yang menyebutkan dahulunya bernama bioskop rex kemudian berganti nama menjadi bioskop dewa. Seiring dengan pergantian nama bioskop dewi. Kedua bioskop ini mengalami masa keemasannya diawal awal industri perfilman muncul. Hingga tahun 90an bioskop ini masih ramai dikunjungi para pecinta film baik film manca maupun film nasional.

11. Bioskop Roxi / Dewi
Pada masanya Gedung ini pernah berjaya Dahulu bernama Bioskop Roxi, disini pernah banyak dipentaskan sandiwara keliling salah satunya Muhibah Grup terkenal asal Surabaya. tidak sedikit pula Film film yang pernah diputar di sini, dari film Remaja hingga "maaf" film Dewasa. beberapa tahun kemarin masih kita jumpai deretan anak anak muda (ABG) berderet mengantri tiket untuk menonton film AADC ( Ada Apa Dengan Cinta ).

12. Makam Al Hadad
Kompleks Makam Al-Haddad salah satu tempat di Kota Tegal yang banyak menarik pengunjung. Kebanyakan dari mereka yang mendatangi tempat ini bertujuan untuk berziaroh ke makam Habib Muhammad bin Thohir al Hadad. Beliau menjadi salah satu tokoh Islam yang memiliki kharisma. Datangnya beliau berdakwah di Tegal menjadi berkah tersendi bagi masyarakat Kota Tegal. Beliau berdakwah di Kota Tegal hingga akhir hayatnya ia dimakamkan di kompleks pemakaman Kauman atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama makam Alhaddad, tepatnya di Desa Kraton, Tegal BaratSetiap tahun Diadakan Haul untuk mengenang beliau.

13. Mbah Panggung
Makam Mbah Panggung terletak di wilayah Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal. dengan disebelah kanan kirinya makam dari dua anjing pengikutnya yaitu Iman dan Tauhid. Keberadaannya memiliki daya sedot luar biasa bagi para peziarah. Tidak hanya dari kalangan masyarakat biasa, melainkan berbagai pejabat dari manapun berdatangan. Sedemikian kharismatiknya Mbah Panggung, sampai masyarakat di sana pun begitu alergi terhadap kesenian wayang.

14. Batik Tegal
Bermacam macam motif batik Tegal bisa dilihat di Griya batik tulis tegal di kelurahan bandung kecamatan tegal selatan, kota tegal. Peresmian dilaksanakan oleh ketua dewan kerajinan nasional daerah kota tegal tatik sudiati adi winarso,. Griya batik didirikan sebagai pusat perdagangan dan pendidikan batik tulis di Kota Tegal,. Selain terdapat aneka batik tulis siap jual,. Dalam griya tsb juga ditampilkan semua proses pembuatan batik tulis, mulai dari menggambar hingga mewarnai.


Legenda
PropinsiKabupaten
Wisata Budaya

  Re-Draw Map


  


 
 

PERIHAL | DAFTAR TANYA JAWAB | BUKU TAMU | KONTAK KAMI
© 2013 by Indonesian Investment Coordinating Board. All rights reserved