ENGLISH     BAHASA INDONESIA
 
 
 
 
 

PROFIL DAERAH KABUPATEN SIKKA

 

KOMODITI UNGGULAN DAERAH

 

LINK TERKAIT

 

KONTAK

 
 
 
LINK TERKAIT

     

 
KONTAK

      Direktorat Pengembangan Potensi Daerah BKPM
      Jl. Gatot Subroto 44
      Jakarta Selatan
      DKI Jakarta
      Indonesia, 12190
      Tel: +62 21 525584


 
 
IN COLLABORATION WITH PROVINCES OF INDONESIA :
 

Thu, 24 Apr 2014

Potensi Wisata Budaya di Kabupaten Sikka
 

Obyek Wisata yang ada di Kabupaten Sikka adalah :
- Jong Dobo
terletak pada ketinggian sekitar 500 meter diatas permukaan laut, kurang lebih satu jam perjalan dari Kota Maumere kearah Timur. Nama lengkap kampung ini adalah Dobo Dora Nata Wulu yang artinya puncak Dobo kampung pertama. Kampung ini adalah bagian dari desa Ian Tena, Kecamatan Kewapante, Kabupaten Sikka. Di kampung ini tersimpan sebuah artefak, yang diberi nama sama dengan kampung itu yaitu JONG DOBO.
- Lepo Gete Sikka
Rumah Adat Lepogete Sikka. Lepo Gete SikkaKampung Sikka atau Sikka Natar terletak di pantai Selatan Kabupaten Sikka, di Kecamatan Lela, berjarak 27 Km dari kota Maumere . Sikka Natar ini kelihatan sederhana, namun sesungguhnya mengandung suatu perjalanan sejarah yang sangat berarti. Di kampung inilah terdapat sebuah rumah yang disebut Lepo Gete. Lepo Gete ini menjadi istana kerajaan Sikka dan sekaligus pusat pemerintahan kerajaan Sikka dalam rentan waktu yang cukup lama terutama dalam masa penjajahan Portugis abad ke XVI dan Belanda abad ke XVII.
- Regalia Kerajaan Sikka
Regalia Kerajaan Sikka adalah pakaian kebesaran raja Sikka. Regalia ini dibuat di malaka pada tahun 1602 dan dibawah bersamaan dengan agama Kristen pertama kali oleh Raja Moang Alesu. Regalia atau pakaian kebesaran raja Sikka merupakan peninggalan terbesar kerajaan Sikka. Saat ini regalia tersebut tersimpan dengan baik di kediaman keluarga yang beralamat di Jalan Tugu Timur Maumere Kelurahan Kota Uneng Kecamatan Alok Kabupaten Sikka.
- Museum Blikon Blewut
Museum Bikon Blewut merupakan Museum terbesar di Propinsi NTT. Musem ini terletak 10 Km dari arah kota Maumere yang berada di Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero Kecamatan Nita Kabupaten Sikka. Kata Bikon artinya Lampau dan Blewut artinya Rusak.
- Gading Gajah & Regalia
Tidak jauh dari Ledalero terdapat warisan situs kerajaan Nita yang berjarak 12 km dari Kota Maumere. Regalia Kerajaan Nita menunjukan bukti dan saksi sejarah Kerajaan Nita. Regalia tersebut diantaranya pakaian kebesaran kerajaan nita, terdapat juga gading gajah yang besar dan panjang, motif tenun ikat yang bagus serta upacara dan tarian tradisional.
- Watu Cruz
Kampung Bola terletak di pantai selatan Kabupaten Sikka yang berjarak 24 Km dari Kota Maumere. Di pantai bola berdiri tegak salib yang disebut Watu Krus symbol kekristenan masa lampau, salib peninggalan Portugis di atas batu karang dan talut /pemecah ombak yang masih tetap kokoh berdiri.
- Air Panas Blidit
Nama Dusun Nuabari melekat dengan tradisi kubur batu yang terus dilestarikan hingga kini. Kampung Nuabari berjarak kurang lebih 8 Km dari Wolowiro terletak di Desa Lenandereta, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka. Di sini terdapat 60 an buah kubur batu yang tersebar diseantero dusun tersebut. Kubur-kubur batu Nuabari adalah salah satu warisan kebudayaan megalitikum di Indonesia. Disini juga terdapat sebuah rumah adat khas lio dengan sejumlah peninggalan masa lalu.
- Kampung Hewokloang
Kampung Hewokloang berlokasi 8 km dari Dobo, merupakan pusat kebudayaan bagian Timur Maumere. Disini dapat kita saksikan tarian tradisional yang sering disuguhkan oleh sanggar Wini Liin. Sebuah rumah adat bernama Lepo Kirek dihuni oleh pemangku adat. Di rumah adat ini terdapat koleksi peninggalan seperti gading sepajang 2,2 m, porcelin dan artifak-artifak lokal.
- Rumah Adat Lepokirek
Berlokasi di Desa Hewakloang, Kecamatan Hewakloang
- Regalia Kerajaan Kangae
Berlokasi di Desa Mekendetung, Kecamatan Kangae
- Megalit Romanduru
Berlokasi di Desa Rubit, Kecamatan Kewapante
- Liang Nipon Watuliwung
Berlokasi di Desa Watuliwung, Kecamatan Kewapante
- Rumah Adat Wolobela
Berlokasi di Desa Buu Utara, Kecamatan Paga
- Rumah Adat Mauloo
Berlokasi di Desa Mbengu, Kecamatan Paga
- Perkampungan Tradisional Kajukeri
Berlokasi di Desa Tuanggeo, Kecamatan Palue
- Rumah Adat Watulaki
Berlokasi di Desa Kesokoja, Kecamatan Palue
- Rumah Adat Tubu Kobe
Berlokasi di Desa Maluriwu, Kecamatan Palue
- Nua Bharaka Lekebai
Berlokasi di Desa Bhera, Kecamatan Mego
- Liang Nipon Rengsina
Berlokasi di Desa Watutedang, Kecamatan Lela


Legenda
PropinsiKabupaten
Wisata Budaya

  Re-Draw Map


  


 
 

PERIHAL | DAFTAR TANYA JAWAB | BUKU TAMU | KONTAK KAMI
© 2013 by Indonesian Investment Coordinating Board. All rights reserved