ENGLISH     BAHASA INDONESIA
 
 
 
 
 

PROFIL DAERAH KABUPATEN NGADA

 

KOMODITI UNGGULAN DAERAH

 

LINK TERKAIT

 

KONTAK

 
 
 
LINK TERKAIT

     

 
KONTAK

      Direktorat Pengembangan Potensi Daerah BKPM
      Jl. Gatot Subroto 44
      Jakarta Selatan
      DKI Jakarta
      Indonesia, 12190
      Tel: +62 21 525584


 
 
IN COLLABORATION WITH PROVINCES OF INDONESIA :
 

Thu, 24 Apr 2014

Potensi Wisata Budaya di Kabupaten Ngada
 

Obyek wisata yang ada di Kabupaten Ngada adalah :
- Caci
Caci merupakan tarian perang untuk melatih ketangkasan, yang diperagakan untuk memeriahkan perayaan syukur panen oleh kesatuan etnis Riung, dengan kegiatan mencambuk lawan dengan cemeti, dan ditangkis oleh lawan dengan sebuah perisai.
- Sagi / Etu
Etu adalah tinju tradisional khas Ngada yang biasa dilaksanakan pada musim panas, antara bulan Mei sampai dengan Agustus setiap tahun.
- Reba
Reba merupakan upacara pembukaan tahun baru adat yang biasanya dirayakan oleh masyarakat dari etnis Ngada yang mendiami wilayah kecamatan Ngada Bawa, Bajawa, Golewa dan Aimere.
- Ja'i
Jai adalah nama salah satu Tarian Khas suku Ngadha.
- Kampung Wogo
Kampung Tradisional Wogo terletak di Kecamatan Golewa 17 km arah Timur dari kota Bajawa. Di kampung ini ditemukan berbagai bangunan adat antara lain : Rumah Adat, Ngadhu, Bhaga. Kompleks Megalithnya dapat dijumpai di bekas kampung lama kurang lebih 1 km dari kampung baru sekarang. Pada kompleks Megalith ini masih dapat dijumpai bangunan Megalith dengan luas kurang lebih 2 ha. Batu Megalith setinggi 12 m yang oleh masyarakat Wogo disebut Watu Tuke Lizu (Batu Penopang Langit) hingga kini masih kokoh berdiri di tengah kampung Wogo lama.
- Kampung Adat Bena
Bena adalah sebuah kampung tradisional yang terletak di desa Tiworiwu Kecamatan Jerebuu, 18 km arah selatan dari Kota Bajawa. Di kampung ini dapat dijumpai berbagai bangunan tradisional seperti : Rumah Adat, Ngadhu, Bhaga, yang masing-masing merupakan simbol leluhur laki-laki dan perempuan serta lambang persatuan dan kesatuan masing-masig suku. Selain itu juga dijumpai bangunan Megalith berupa Ture dan Nabe yang kondiinya masih tetap utuh.


Legenda
PropinsiKabupaten
Wisata Budaya

  Re-Draw Map


  


 
 

PERIHAL | DAFTAR TANYA JAWAB | BUKU TAMU | KONTAK KAMI
© 2013 by Indonesian Investment Coordinating Board. All rights reserved