ENGLISH     BAHASA INDONESIA
 
 
 
 
 

Peluang INVESTASI

 

PROFIL DAERAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

 

KOMODITI UNGGULAN DAERAH

 

LINK TERKAIT

 

KONTAK

 
 
 
LINK TERKAIT

     

 
KONTAK

      Direktorat Pengembangan Potensi Daerah BKPM
      Jl. Gatot Subroto 44
      Jakarta Selatan
      DKI Jakarta
      Indonesia, 12190
      Tel: +62 21 525584


 
 
IN COLLABORATION WITH PROVINCES OF INDONESIA :
 

Mon, 21 Apr 2014

Potensi Wisata alam di Kabupaten Kutai Kartanegara
 

Obyek wisata yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara adalah :
1. Danau Semayang Dan Danau Melintang,
Danau Semayang dan Danau Melintang terletak tidak jauh dari Kota Bangun. Dua Danau ini akan menyatu saat arus air Sungai Mahakam turun. Tapi saat air Sungai Mahakam naik di waktu malam hari, dua danau ini terpisah.
Danau Semayang berada di sebelah kiri dan Danau Melintang disebelah kanan.

2. Kawasan Wisata Bukit Bengkirai,
Kawasan Wisata Bukit Bengkirai terletak pada Km 38 jalan raya Soekarno Hatta Balikpapan Samarinda, merupakan kawasan wisata alam berupa hutan alami yang masih asli. Kawasan wisata alam ini berada di areal PT. Inhutani I Unit Manajemen Hutan Tanaman Industri (UMHTI) dan diresmikan pada tanggal 14 Maret 1998 oleh Mantan Menteri Kehutanan Ir. Djamalluddin Suryohadikusumo. Merupakan kawasan yang berperan penting untuk mengembangkan monumen hutan alam tropika basah.

3. Pantai Tanah Merah,
Objek Wisata Pantai adalah Pantai Tanah Merah Samboja yang terletak di Tanjung Harapan, Samboja, 14 KM dari persimpangan Jalan Raya Balikpapan - Samarinda (KM 50) dan berjarak 127 KM dari Tenggarong dengan luas kurang lebih 8 ha. Pantai ini berpasir putih ditumbuhi pohon cemara yang tumbuh lebat memperindah pesisir pantai. Merupakan tempat yang sangat cocok untuk berekreasi atau berkemah sambil berburu kepiting dan memancing ikan. Tempat ini dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat.

4. Taman Agrowisata Batuah,
Kawasan ini terletak di KM.24 Loa Janan yang merupakan jalan utama antara Samarinda dan Balikpapan. Dan memiliki luas 35 ha dengan konsep pertanian, alam dan wisata dan berada diantara pertanian rakyat desa Batuah. Taman Agrowisata Batuah ini dikelola oleh Dinas Pertanian Tanaman Propinsi Kalimantan Timur akan tetapi lokasi dan areanya berada di Kabupaten Kutai Kartanegara. Lama tempuh dari Balikpapan ke Taman Agro adalah sekitar 1 jam 30 menit, sedangkan jarak tempuh dari Tenggarong ke Taman Agro adalah sekitar 45 menit.

5. Taman Anggrek Sendawar,
Lokasi Taman Anggrek Sendawar berada dalam kawasan Waduk Panji Sukarame dan terletak di belakang Waduk dengn luas 2 ha. Taman Anggrek ini mempunyai 43 koleksi Anggrek yang dikumpulkan dari berbagai daerah kecamatan. Dibukanya objek wisata ini adalah untuk melestarikan kekayaan flora khas yang ada di Kalimantan. Biasanya tempat ini dikunjungi oleh pengunjung pada hari sabtu dan minggu.

6. Jembatan Kutai Kartanegara,
Memasuki Wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara dapat ditempuh melalui Kota Balikpapan ataupun Ibukota Propinsi Samarinda. Dari Samarinda lama tempuh 30 Menit, sedangkan dari Balikppan ditempuh dengan 2 jam. Di Kota Tenggarong sebagai Ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara, terdapat banyak pilihan objek wisata yang dapat dinikmati ataupun dikunjungi oleh wisatawan, diantaranya yaitu Jembatan Kutai Kartanegara, Jembatan ini merupakn sarana penghubung antara Tenggarong Seberang dengan Kota Tenggarong. Panjang jembatan adalah 580 Meter. Dibangun menyerupai Jembatan Golden Gate yang terdapat di San Fransisco.

7. Taman Wisata Pulau Kumala,
Kawasan Pulau Kumala terletak di tengah Sungai Mahakam merupakan daerah Delta yang memanjang di sebelah Barat Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara dengan luas 76 Ha perpaduan antara teknologi modern dan budaya tradisional. Di desain menjadi Taman Wisata Rekreasi dan ditata rapi dengan perpaduan arsitektur berteknologi modern dan budaya tradisional.

8. Waduk Panji Sukarame,
Waduk ini terletak di Kelurahan Panji Sukarame dan merupakan taman rekreasi yang sangat bagus untuk dinikmati dengan adanya pemandangan alam dan air waduk yang tenang. Luas lahan adalah 32 ha. Di sekeliling waduk banyak terdapat gazebo atau pondok-pondok untuk tempat beristirahat bagi para pengunjung. Di area Waduk ada cafe atau warung untuk tempat makan dan minum serta panggung untuk tempat pertunjukan musik. Fasilitas arena bermain bagi anak-anak juga terdapat di lokasi ini, yaitu sepeda air, ayunan, perosotan dan lain-lain.
Harga tiket masuk untuk dewasa dan anak-anak adalah Rp. 500.


Legenda
PropinsiKabupaten
Wisata alam

  Re-Draw Map


  


 
 

PERIHAL | DAFTAR TANYA JAWAB | BUKU TAMU | KONTAK KAMI
© 2013 by Indonesian Investment Coordinating Board. All rights reserved