ENGLISH     BAHASA INDONESIA
 
 
 
 
 

PROFIL DAERAH KABUPATEN TOJOUNAUNA

 

KOMODITI UNGGULAN DAERAH

 

LINK TERKAIT

 

KONTAK

 
 
 
LINK TERKAIT

     

 
KONTAK

      Direktorat Pengembangan Potensi Daerah BKPM
      Jl. Gatot Subroto 44
      Jakarta Selatan
      DKI Jakarta
      Indonesia, 12190
      Tel: +62 21 525584


 
 
IN COLLABORATION WITH PROVINCES OF INDONESIA :
 

Thu, 24 Apr 2014

Potensi Wisata alam di Kabupaten Tojounauna
 

Obyek wisata yang ada di Kabupaten Tojo Una-una adalah :
1. Pantai Pasir Putih Matako
Pantai pasir putih ini terletak di Desa Matako, Kecamatan Tojo barat, jarak objek wisata ini dari ampana kota sekitar 100 km dan dari poso jaraknya 20 km, wisatawan yang akan berkunjung di objek wisata ini dapat menginap di Ampana kota atau poso maupun desa Matako. dari desa matako wisatawan dapat mengunjungi pantai ini hanya dengan menghabiskan waktu 15 menit, dengan menggunakan bemo atau mobil.

2. Goa Tuo Mulangke
Objek wisata ini terletak di Desa Tombiano goa ini terletak di hutan tropis yang masih alami dan sangat menarik untuk melihat-lihat kehidupan goa yang terbentuk dari batu-batu cadas menambah indahnya pemandangan di sepanjang goa Tou Mulangke .

3. Air Terjun Tolibaz
Objek wisata ini terletak di Desa Toliba kecamatan Tojo Barat, jaraknya dari ampana kota ke lokasi wisata ini sekitar 100 km.

4. Air Panas Marowo
Objek wisata ini terletak di wilayah Kecamatan Ulubongka. wisatawan dapat mengunjungi tempat ini dari ampana kota dengan menggunakan mobil dengan waktu tempuh 40 menit. Wisatawan dapat menginap di Desa Marowo, waktu tempuh ke tempat ini dari Desa Marowo dengan menggunakan bemo atau mobil hanya sekitar 15 menit.

5. Pantai Pasir Putih Keke
Terletak di wilayah kelurahan Malatong kecamatan Ampana Kota, objek wisata ini memiliki pasir putih yang indah dan sangat cocok untuk mandi matahari.

6. Air Jatuh Sansarino
Objek wisata yang menarik di Kabupaten Tojo Una-una tepatnya berada dalam wilayah administratif desa sansarino, kecamatan Ampana kota, Jika ingin berkunjung untuk menikmati air terjun alami nan asri ini para wisatawan dapat menggunakan bemo atau mobil carter dari ampana kota, jarak objek wisata ini dari Ampana Kota adalah 3 kilometer.

7. Goa Kakar
Terletak di Desa Labuan Kecamatan Ampana Kota Goa ini sangat menarik dan indah untuk atraksi wisata khususnya yang berkaitan dengan melihat-lihat kahidupan fauna yang hidup di dalam goa tersebut.

8. Pemandian Alami Malotong
Pemandian Ini memiliki air yang sejuk dan jernih yang terletak di Kelurahan Malotong Kecamatan Ampana Kota. untuk berkunjung ke lokasi ini wisata pemandian malotong wisatawan dapat menggunakan bendi atau bemo. jarak lokasi wisata ini dari Ampana kota kurang lebih 2 km. kurang lebih 200 meter dari lokasi pemandian ini, terdapat pasir putih yang indah dan cocok untuk mandi matahari serta olah raga poli pantai.

9. Sungai Bongka
Objek wisata ini terletak di wilayah kecamatan Ulubongka. wisatawan yang berminat mencoba arum jeram di sungai bongka dapat menggunakan kendaraan roda dua atau mobil dari desa marowo dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

10. Pemandian Alami Uefuntu
Pemandian alam terletak di Desa bantuga, kecamatan ampana tete, objek wisata ini sangat cocok sebagai tempat rekreasi bersama keluarga untuk menghilangkan rasa jenuh pada saat beraktivitas.

11. Pulau Buka-Buka
Objek wisata ini memiliki pasir putih yang indah dan bersih, objek wisata ini berada di wilayah kecamatan ampana tete, wisatawan yang berkunjung ke pulau buka-buka ini dapat menginap di ampana kota atau desa tete B. alat transportasi yang di gunakan untuk menjangkau wisata ini adalah motor boat dengan waktu tempuh 45 menit dari desa Tete B dan sekitar satu setengah jam dari pelabuhan ampana.

12. Pantai Tampo
Objek wisata ini memiliki pantai berpasir putih yang luas dan panjang. di pantai ini wisatawan akan menikmati indahnya matahari terbit dan dapat juga melakukan pengamatan burung rangkong yang jumlahnya puluhan di sekitar pantai ini. onjek wisata ini terletak di Desa Tete B, kecamatan Ampana Tete, untuk berkunjung ke objek wisata ini dapat dilakukan dari desa Tete B dengan menggunakan motor boat, waktu tempuhnya hanya beberapa menit. pantai ini juga dapat dikunjungi dari Ampana kota dengan menggunakan motor boat dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

13. Tanjung Api
Tanjung api secara administratif berada dua wilayah kecamatan yaitu Ampana Kota dan Ampana Tete, untuk berkunjung ke tanjung api dapat dilakukan dengan motor boat dari pelabuhan ampana dengan waktu tempuh 30 menit.

14. Dataran Bulan
Dataran Bulan berada diwilayah Kecamatan Ampana Tete. Wisatawan yang ingin berwisata di Dataran Bulan dapat menggunakan mobil jeep dari ampana kota dengan waktu tempuh sekitar 8 jam dan menginap di rumah penduduk desa selama beberapa hari sambil belajar bersama tentang kehidupan tradisional masyarakat adat wana.

15. Pulau Taupan
Pulau Taupan secara administratif terletak di wilayah Desa Kulingkinari, kecamatan Una-una. objek wisata ini selain menarik untuk menikmati mandi matahari di pasir putih yang bersih juga sangat potensial untuk atraksi menyelam.

16. Pantai Capatana
Pantai Captana terletak di desa Kulingkari kecamatan Una-una kepulauan togean.Objek wisata ini memiliki pasir putih yang bersih dan sangat cocok untuk rekreasi sambil berjemur di atas pasir putih menikmati panorama alam di sekitarnya. wisatawan yang akan berkunjung dapat menginap di Poyalisa Cottages atau Reatret Island. waktu tempuh dari lokasi penginapan ke onjek wisata ini sekitar 30 menit dengan menggunakan motor boat.

17. Pantai Tipae
Lokasi wisata ini berada di Desa Bomba, kecamatan Una-una kepulauan togean. lokasi wisata ini juga memiliki pasir putih yang bersih dan indah serta air laut yang jernih sehingga wisatawan yang akan berwisata di objek wiasata ini dapat menikmati mandi matahari dan berenang sepuas-puasnya.

18. Pulau Poya
Pulau Poya terletak di Desa Bomba Kecamatan Una-una. Wisatawan yang menginap di Poyalisa Cottage's dapat pula mengunjungi beberapa objek wisata yang lain seperti : Pantai Tambanguni, dan Pantai Mutigu dengan waktu tempuh 15 menit.

19. Pulau Tangkubi
Pulau ini terletak di wilayah Desa Tumbulawa, Kecamatan Una-una. Objek wisata ini sangat menarik dan potensial untuk melihat-lihat kehidupan masyarakat adat bajo. wisatawan yang ingin berkunjung ketempat ini dapat menggunakan motor boat dari desa bomba atau kadidiri dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

20. Pasir Putih Lindo
Objek wisata ini terletak di Desa Tumbulawa ( dusun Lindo) Kecamatan Una-una. Pantai pasir putih ini dapat di jangkau dari dusun lindo dengan menggunakan motor boat dengan waktu tempuh sekitar 15 manit. Wisatawan yang berminat berwisata di pasir putih ini dapat menginap di rumah penduduk Dusun Lindo atau dapat juga menginap di reatreat Island atau Poyalisa Cottage's. waktu tempuh dari reatreat Island atau Poyalisa Cottage's sekitar 2 jam dengan menggunakan motor boat.

21. Pulau Kadidiri
Pulau Kadidiri adalah lokasi dan objek wisata yang sangat populer di kepulauan Togean. lokasi ini terletak di wilayah Desa Tobil Kecamatan Una-una. Wisatawan yang ingin berkunjung ketempat ini dapat menggunakan publik boat dari Ampana langsung ke wakai dengan waktu tempuh sekitar 5 jam. kemudian dari wakai dapat menggunakan motor boat ke pulau kadidiri dengan waktu tempuh sekitar 25 menit.

22. Pulau Taipi
Objek wisata ini berada di Wilayah Desa Tobil, Kecamatan Una-una. wisatawan yang akan berkunjung di pulau ini dapat melakukan atraksi snorkeling dan menyelam untuk menikmati indahnya terumbu karang dengan dihuni oleh berbagai jenis ikan karang yang indah dan unik.

23. Pulau Una-una
Objek wisata ini sangat potensial untuk atraksi treking sambil melihat danau air tawar yang terbentuk akibat letusan gunung api. Pulau Una-una juga memiliki hamparan pasir putih yang indah untuk mandi matahari sambil menikmati panorama alam di sekitarnya. objek wisata ini dapat di kunjungi langsung dari desa wakai, pulau kadidiri, pulau tipae, pulau taipi dan pulau Pangempa dengan waktu tempuh sekitar 3 jam.

24. Pantai Bambu
Objek wisata ini terletak di Bagian Selatan Desa Bambu, Kecamatan Una-una kepulauan Togean, Objek wisata ini memiliki pasir putih dan air laut yang bersih sehingga sangat cocok untuk mandi matahari dan berenang.

25. Pulau Pangempa
Terletak di Wilayah Desa Katupat kecamatan togean objek wisata ini dapat di kunjungi dengan menggunakan publik boat dari ampana langsung di desa katupat, kemudian dari desa katupat dapat menggunakan motor boat dengan waktu tempuh 5 menit.

26. Pulau Bolilanga
lokasi wisata ini terletak di wilayah desa katupat kecamatan togean, pulau ini dapat di kunjungi dengan menggunakan motor boat dari desa katupat dengan waktu tempuh 10 menit.

27. Jembatan Bakau
bagi wisatawan yang ingin mengunjungi objek wisata ini dapat dilakukan dari desa katupat, desa lembanato, pulau pangempa atau pulau bolilanga dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

28. Pulau Malange
Bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu berliburnya di pulau ini dapat menginap di losmen malenge indah dan losmen lestari yang letaknya di desa malenge, kecamatan walea kepulauan togean.

29. Pulau Tiga
Pulau ini terletak di wilayah Desa Popolii, kecamatan walea kepulauan objek wisata ini memiliki pasir putih yang bersih dengan air laut yang sejuk untuk tempat rekreasi sambil berjemur menikmati indahnya matahari pagi.

30. Desa Dolong
Desa dolong terbagi dalam 2 wilayah desa yaitu Desa Dolong A dan Desa Dolong B. terletak di Pulau Walea Kodi, kecamatan Walea Kepulauan

31. Tanjung Keramat
lokasinya berada di wilayah desa kondongan kecamatan walea besar, objek wisata ini memiliki potensi terumbu karang yang sangat bagus dan lengakap dengan dihuni oleh berbagai jenis ikan karang.


Legenda
PropinsiKabupaten
Wisata alam

  Re-Draw Map


  


 
 

PERIHAL | DAFTAR TANYA JAWAB | BUKU TAMU | KONTAK KAMI
© 2013 by Indonesian Investment Coordinating Board. All rights reserved