ENGLISH     BAHASA INDONESIA
 
 
 
 
 

PROFIL DAERAH KABUPATEN WAJO

 

KOMODITI UNGGULAN DAERAH

 

LINK TERKAIT

 

KONTAK

 
 
 
LINK TERKAIT

     

 
KONTAK

      Direktorat Pengembangan Potensi Daerah BKPM
      Jl. Gatot Subroto 44
      Jakarta Selatan
      DKI Jakarta
      Indonesia, 12190
      Tel: +62 21 5255284


 
 
IN COLLABORATION WITH PROVINCES OF INDONESIA :
 

Tue, 21 Oct 2014

Potensi Wisata Budaya di Kabupaten Wajo
 

Obyek Wisata yang ada di Kabupaten Wajo antara lain:
1. Wisata Budaya Perumahan Attakkae
Perumahan adat Attakkae terdapat di pinggiran Danau Lampulung, kelurahan Attakkae Kecamatan Tempe sekitar 3km sebelah Timur kota Sengkang pada Tahun 1995. Kawasan ini merupakan gambaran sebuah perkampungan Bugis dimana terdapat duplikat rumah tradisional yang di himpun dari berbagai kecamatan sehingga kawasan ini representatif sebagai tempat pelaksaan pameran, seminar dan antraksi budaya permainan rakyat. Hal yang cukup menarik dalam kawasan ini adalah adanya Rumah adat yang cukup besar yang di juliki istana SaorajaLa Tenribali salah seorang Raja Arung Matowa Wajo. Rumah adat ini memiliki tiang kayu Ulin sebanyak 101 buah yang sengaja di datangnkan dari Kalimantan.

2. Kompleks Agrowisata Sutera
Tahap penanaman Murbey hingga proses pembuatan kain sutera sudah sejak dahulu menjadi obyek yang menarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Wajo. Lokasi penanaman Murbey terletak di Kecamatan Sabbangparu sekitar 10 Km dari Kota Sengkang. Ditempat ini wisatawan dapat menyaksikan proses penanaman Murbey, pemeliharaan ulat sutera, proses pemintalan benang sutera, sampai pertenunan menjadi kain sutera.Sedangkan sentra pembuatan sarung dan kain sutera terdapat di Kecamatan Tanasitolo sekitar 3 km dari Kota Sengkang.

3. Wisata Budaya Situs Tosora
Tosora adalah dareah bekas Kabupaten Wajo pada abad ke 17 yang dapat dii jangkau dengan menggunakan transportasi darat terletak di sekitar 16km dari KotaSengkang. Lokasi ini di kelilingi 8 buah danau kecil. Terdapat banak penn ggalan sejarah purbakalaan misalnya Makam Raja-raja Wajo, bekas gudang Ammunisi kerajaan ( geddong ) Masjid kuno yang di bangun Tahun 1921, dan Makam yang bernisan Merriam . Selain itu Terdapat juga sumur ( Gumparang, tempat prajurit-prajurit kerajaan di mandikan sebelum ke madan perang.


Legenda
PropinsiKabupaten
Wisata Budaya

  Re-Draw Map


  


 
 

PERIHAL | DAFTAR TANYA JAWAB | BUKU TAMU | KONTAK KAMI
© 2013 by Indonesian Investment Coordinating Board. All rights reserved