ENGLISH     BAHASA INDONESIA
 
 
 
 
 

PELUANG INVESTASI

 

PROFIL DAERAH KALIMANTAN TENGAH

 

KOMODITI UNGGULAN DAERAH

 

KABUPATEN

 

LINK TERKAIT

 

KONTAK DI DAERAH

 
 


 
 
IN COLLABORATION WITH PROVINCES OF INDONESIA :

Tue, 29 Jul 2014


 

PARIWISATA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

2011-06-23

Provinsi Kalimantan Tengah yang beribukota Palangka Raya merupakan tempat yang cukup damai dan tentram karena masih banyak alamnya yang masih alami dan belum tersentuh oleh moderisasi. Sektor pariwisata merupakan salah satu faktor penunjang dalam investasi di Kalimantan Tengah.

 

Objek wisata yang ditawarkan antara lain, wisata alam dan merupakan salah satu wisata andalan dan yang sangat menarik untuk wisatawan adalah wisata hutan berupa Cagar Alam seperti Bukit Raya dan kelompok Hutan Monumental yang lokasinya ada di Kotawaringin Timur. Di sini juga terdapat air terjun Malau Besar dan Pauras yang lokasinya terdapat di Barito Utara. Taman Wisata Tanjung Puting di Kabupaten Kotawaringin Barat, Pantai Ujung Pandaran di Kabupaten Kotawaringin Timur, Pantai Kubu di Kabupaten Kotawaringin Barat, Bukit Batu Tangkiling dengan jarak kurang lebih 30 km dari kota Palangka Raya dan Wisata Dnau Tahai yang berada di Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu.

 

Wisata budaya yang ada di Kalimantan Tengah adalah Betang Damang Batu. Obyek wisata Budaya ini berupa bangunan rumah orang-orang suku Dayak jaman dahulu yang tinggal di pedalaman Sungai Kahayan. Ukuran Betang ini mencapai 30 meter untuk panjang , 20 meter untuk lebar dan 4 meter untuk tinggi. Betang Damang Batu atau juga biasa disebut Betang Tumbang Anoi  ini merupakan cagar budaya yang memiliki nilai sejarah tentang perdamaian susu-suku Dayak yang ada di pulau Kalimantan. Tiwah, merupakan Upacara kematian masyarakat Dayak Hindu Kaharingan. Upacara Tiwah atau Tiwah Lale atau Magah Salumpuk liau Uluh Matei ialah upacara sakral terbesar untuk mengantarkan jiwa atau roh manusia yang telah meninggal dunia menuju tempat yang dituju yaitu Lewu Tatau Dia Rumpang Tulang, Rundung Raja Dia Kamalesu Uhate, Lewu Tatau Habaras Bulau, Habusung Hintan, Hakarangan Lamiang atau Lewu Liau yang letaknya di langit ke tujuh dan Turus Tajak, merupakan upacara pernikahan adat masyarakat Dayak.

 

Untuk wisata agro, terdapat perkebunan kelapa sawit, perkebunan karet, perkebunan lada serta buah-buahan di Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Kapuas, Barito Utara dan Barito Timur.

 

Pariwisata di Kalimantan Tengah, didukung oleh keberadaan flora dan fauna juga etnis Dayak dengan adat istiadatnya dan tradisinya yang masih murni. Serta dengan dibangunnya hotel-hotel berbintang di ibukota Provinsi Kalimantan Tengah untuk semakin menunjang investasi di sektor pariwisata.

 

Sumber :

1.       PROFIL POTENSI DAN PELUANG INVESTASI UNGGULAN DI KALIMANTAN TENGAH.

2.       kalteng.go.id

3.       WISWATA BUDAYA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH-IANNnews

http://iannnews.com/ensiklopedia.php?page=tempat&prov=24&id=709

4.       http://indonesia-liek.blogspot.com/2010/11/obyek-tempat-wisata-di-kalimantan.html



ARSIP BERITA
 


 
 

PERIHAL | DAFTAR TANYA JAWAB | BUKU TAMU | KONTAK KAMI
© 2013 by Indonesian Investment Coordinating Board. All rights reserved