ENGLISH     BAHASA INDONESIA
 
 
 
 
 

PELUANG INVESTASI

 

PROFIL DAERAH SUMATERA UTARA

 

KOMODITI UNGGULAN DAERAH

 

KABUPATEN

 

LINK TERKAIT

 

KONTAK DI DAERAH

 
 


 
 
IN COLLABORATION WITH PROVINCES OF INDONESIA :

Fri, 1 Aug 2014


 

Sumut tawarkan potensi investasi kepada 21 dubes

2012-04-29

antaranews.com

Minggu, 29 April 2012 19:50 WIB 

 

 Medan (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menawarkan peluang investasi untuk berbagai potensi investasi di daerah kepada 21 duta besar dari kawasan Asia, Timur Tengah, Eropa dan Afrika.


Tawaran itu disampaikan Pelaksana Tugas Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho dalam jamuan makan siang kepada 21 dubes negara sahabat di rumah dinas Gubernur Sumut di Medan, Minggu.

Dalam pertemuan itu, Gatot menjelaskan tentang banyaknya peluang investasi di Sumut yang dapat dimanfaatkan kalangan pengusaha dari 21 negara sahabat tersebut. 

Diantaranya, proyek Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang menetapkan Sumut menjadi salah satu dari enam koridor ekonomi di Indonesia. 

Dalam MP3EI tersebut, Sumut memiliki proyek Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke yang menjadi ikon industri di provinsi itu.

Dalam proyek Sei Mangke tersebut, berbagai hasil perkebunan kelapa sawit yang selama ini diekspor dalam bentuk minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) akan diubah menjadi industri turunan.

"Melalui KEK Sei Mangke akan dikembangkan produk kelapa sawit menjadi berbagai produk turunan dengan mengembangkan industri hilir," katanya.

Selain KEK Sei Mangke, Gatot juga menjelaskan keberadaan Sumut yang akan makin strategis dengan beroperasinya Bandara Internasional Kuala Namu di Kabupaten Deli Serdang pada awal tahun 2013.

Dengan beroperasinya Bandara Kuala Namu tersebut, waktu penerbangan ke Eropa akan lebih cepat sekitar satu jam.

Kemudian, Sumut juga memiliki kekayaan alam yang dapat dieksplorasi seperti geothermal, emas, batubara, dan minyak bumi. 

Demikian juga dengan potensi wisata alam, baik di kawasan pantai barat, pantai timur, mau pun pegunungan, seperti Danau Toba yang ditetapkan menjadi kawasan strategis nasional. 

Usai pertemuan itu, Pemprov Sumut memfasilitasi 21 dubes negara sahabat tersebut untuk mengunjungi Danau Toba yang berlokasi di Parapat, Kabupaten Simalungun.

Dubes tersebut terdiri dari Afganistan, Azerbaizan, Bangladesh, Brunai Darussalam, Bosnia Herzegovina, Mesir, Irak, Laos, Libya, Polandia, Seychelles, Somalia, Afrika Selatan, Srilanka, Sudan, Siria, Slovakia, Thailand, Tunisia, Turki, dan Nigeria.

Ke-21 dubes tersebut berada di Sumut untuk menghadiri pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTN) tingkat Sumut yang berlokasi di Kabupaten Serdang Bedagai.

"Jamuan ini merupakan bentuk penghormatan terhadap para dubes yang sudah meluangkan waktunya ke Sumut untuk menghadiri pembukaan MTQ di Serdang Bedagai," kata Gatot.
(T.I023/A023)



ARSIP BERITA
 


 
 

PERIHAL | DAFTAR TANYA JAWAB | BUKU TAMU | KONTAK KAMI
© 2013 by Indonesian Investment Coordinating Board. All rights reserved