ENGLISH     BAHASA INDONESIA
 
 
 
 
 

PELUANG INVESTASI

 

PROFIL DAERAH KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

 

KOMODITI UNGGULAN DAERAH

 

LINK TERKAIT

 

KONTAK DI DAERAH

 
 


 
 
IN COLLABORATION WITH PROVINCES OF INDONESIA :

Tue, 29 Jul 2014


 

Profil Kabupaten Lampung Tengah

Logo

Kabupaten Lampung Tengah terletak pada bagian tengah Provinsi Lampung, yang terletak pada kedudukan 104o35' sampai dengan 105o50' Bujur Timur dan 4o30" sampai dengan 45o15' Lintang Selatan, dengan batas wilayahnya :

" Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Tanggamus dan Kabupaten Lampung Barat
" Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Lampung Timur dan Kota Metro
" Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Tulang Bawang dan Kabupaten Lampung Utara
" Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Lampung Selatan

Kabupaten Lampung Tengah yang beribukota di Gunung Sugih memiliki luas 478.982 Km2 yang terbagi dalam 301 Desa/ Kelurahan dan 28 Kecamatan, diantaranya Kecamatan Padang Ratu, Kecamatan Selagai Lingga, Kecamatan Pubian, Kecamatan Anak Tuha, Kecamatan Anak Ratu Aji, Kecamatan Kalirejo, Kecamatan Sendang Agung, Kecamatan Bangunrejo, Kecamatan Gunung Sugih, Kecamatan Bekri, Kecamatan Bumi Ratu Nuban, Kecamatan trimurjo, Kecamatan Punggur, Kecamatan Kota Gajah, Kecamatan Seputih Raman, Kecamatan Terbanggi Besar, Kecamatan Seputih Agung, Kecamatan Way Pengubuan, Kecamatan Terusan Nunyai, Kecamatan Seputih Mataram, Kecamatan bandar Mataram, Kecamatan Seputih Banyak, Kecamatan Way Seputih, Kecamatan Rumbia, Kecamatan Bumi nabung, Kecamatan Putra Rumbia, Kecamatan Seputih Surabaya, dan Bandar Surabaya.

Secara umum Lampung Tengah beriklim tropis Humid dengan angin laut bertiup dari samudra Indonesia dengan kecepatan angin rata rata 5,83oC - 28o C pada daerah dataran dengan ketinggian 30-60 meter. Temperatur maksimum yang sangat jarang dialami adalah 33o C dan juga temperatur minimum 22o C. sebagian besar wilayahnya berada pada ketinggian 15-65 meter dpl dan mempunyai kemiringan lereng antara 0-2% (92,29%). Jenis tanah didominasi oleh jenis latosol dan podsolik.

Komoditi unggulan Kabupaten Lampung Tengah yaitu sektor perkebunan, pertanian dan jasa. Sektor Perkebunan komoditi unggulannya adalah Kelapa Sawit, Kakao, Karet, Tebu, kopi, Kelapa, Cengkeh, Jambu Mete, Lada dan Nilam. Sub sektor Pertanian komoditi yang diunggulkan berupa Jagung, Kedelai, Pisang dan Ubi Kayu. Untuk sub sektor jasa adalah Wisata Alam dan wisata budaya.


Sumber Data:
Lampung Dalam Angka 2013
(01-12-2007)
Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung
Jl. Basuki Rahmat No. 54 Telukbetung Bandar Lampung 35215
Telp (0721) 482909
Fax (0721) 484329

Updated: 09-5-2014



 
 

PERIHAL | DAFTAR TANYA JAWAB | BUKU TAMU | KONTAK KAMI
© 2013 by Indonesian Investment Coordinating Board. All rights reserved