ENGLISH     BAHASA INDONESIA
 
 
 
 
 

PELUANG INVESTASI

 

PROFIL DAERAH KABUPATEN MIMIKA

 

KOMODITI UNGGULAN DAERAH

 

LINK TERKAIT

 

KONTAK DI DAERAH

 
 


 
 
IN COLLABORATION WITH PROVINCES OF INDONESIA :

Thu, 23 Oct 2014


 

Profil Kabupaten Mimika

Logo

Kabupaten Mimika secara geografis terletak pada 134o31 138o31 LS dan 4omenjadi kabupaten terkaya di Provinsi Papua. Diawali dari sebuah pegunungan setinggi lebih dari 1.000 meter di atas hutan tropis Papua, tepatnya Kecamatan Tembagapura, tersembunyi kekayaan mineral yang sangat besar. Luas wilayah kabupaten ini adalah 21.522,77 km2 dengan Timika sebagai ibukota kabupaten.

Batas wilayah Kabupaten Mimika adalah :
" Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Asmat dan Kabupaten Yahokimo
" Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Kaimana
" Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Paniai, Kabupaten Nabire dan Kabupaten Tolikara
" Sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Arafuru

Kabupaten Mimika memiliki 85 Desa dan 12 Kecamatan, diantaranya Kecamatan Mimika Barat, Kecamatan Mimika Barat jauh, Kecamatan Mimika Barat Tengah, Kecamatan Mimika Timur, Kecamatan Mimika Tengah, Kecamatan Mimika Timur Jauh, Mimika baru, Kecamatan Kuala Kencana, Kecamatan Tembagapura, Kecamatan Agimuga, Kecamatan Jila dan Kecamatan Jita.

Komoditi unggulan Kabupaten mimika yaitu sektor pertanian dan jasa. Sektor pertanian komoditi unggulannya adalah sub sektor tanaman perkebunan dengan komoditi Kopi dan Kelapa. Sub sektor Pertanian komoditi yang diunggulkan berupa Jagung dan Ubi Kayu. sub sektor jasa Pariwisatanya yaitu wisata alam dan budaya.

Sebagai penunjang kegiatan perekonomian, di wilayah ini tersedia 3 bandar udara, yaitu Bandara Akimuga, Bandara Kokonao, dan Bandara Mozes Kilangin Timika. Untuk transportasi laut tersedia 2 pelabuhan, antara lain Pelabuhan Pelabuhan Amamapare, dan Pelabuhan Khusus Amamapare.


Sumber Data:
Papua Dalam Angka 2012
(19-6-2013)
Badan Pusat Statistik Provinsi Papua

Updated: 28-3-2014



 
 

PERIHAL | DAFTAR TANYA JAWAB | BUKU TAMU | KONTAK KAMI
© 2013 by Indonesian Investment Coordinating Board. All rights reserved