ENGLISH     BAHASA INDONESIA
 
 
 
 
 

PELUANG INVESTASI

 

PROFIL DAERAH KABUPATEN ASMAT

 

KOMODITI UNGGULAN DAERAH

 

LINK TERKAIT

 

KONTAK DI DAERAH

 
 


 
 
IN COLLABORATION WITH PROVINCES OF INDONESIA :

Sun, 26 Oct 2014


 

Profil Kabupaten Asmat

Logo

Kabupaten Asmat Terletak Pada 4o - 7o Lintang Selatan dan 137o - 141o Bujur Timur, dengan memiliki karakteristik wilayah yang unik. Di bagian utara, kaki Pegunungan Jayawijaya tampak membentengi sebagian wilayah pecahan kabupaten Merauke ini. Bagian barat dan selatan dikelilingi oleh Laut Arafuru. Dan semua wilayah tersebut dipayungi oleh hijaunya hutan rimba tropis. Itulah sekilas gambara Kabupaten Asmat. Kabupaten ini memiliki luas 28.167 km2, . Wilayahnya sendiri berbatasan dengan

Sebelah Utara : Berbatasan Dengan Kab. Jayawijaya dan Yahukimo
Sebelah Selatan : Berbatasan Dengan Kab. Boven Digoel dan Kab. Mappi
Sebelah Barat : Berbatasan Dengan Kab.Mappi dan Laut Arafuru
Sebelah Timur : Berbatasan dengan laut Arafuru dan Kab. Mimika

Kabupaten Asmat yang beribukota di Agats terbagi dalam 147 Desa dan 8 Kecamatan Diantaranya Kecamatan Pantai Kasuari, Kecamatan Fayit, Kecamatan Atsy, Kecamatan Suator, Kecamatan Akat, Kecamatan Agats, Kecamatan Sawa Erma, dan Kecamatan Suru suru.

Asmat memang sudah dikenal dunia. Seni pahatan dan ukir-ukiran kayunya yang khas telah mengangkat nama Asmat. Masyarakat Asmat secara turun temurun memang menekuni seni yang dulunya digunakan sebagai pelengkap upacara saja.Berbeda dengan penduduk Papua pedalaman yang makanan utamanya umbi umbian, makanan pokok orang asmat adalah sagu. Sagu memang banyak tersebar di hutan di daerah ini. Ketergantungan suku asmat pada hutan terlihat dari kehidupan sehari-harinya yang memang menggunakan bahan-bahan dari hutan, seperti sagu, kayu besi untuk bahan bangunan, perahu, dan media memahat. Sebenarnya, hutan yang ada tidak sekedar menghasilkan kayu semata, tetapi juga menghasilkan hasil hutan non kayu seperti gaharu, kemiri, damar dan rotan.

Komoditi unggulan Kabupaten Asmat yaitu sektor pertanian dan jasa. Sektor pertanian komoditi unggulannya adalah sub sektor tanaman perkebunan dengan komoditi Kelapa Sawit. sub sektor jasa Pariwisatanya yaitu wisata alam dan budaya.

Sebagai penunjang kegiatan perekonomian, di wilayah ini tersedia 2 bandar udara, yaitu Bandara Ewer, bandara yang terletak di Pantai Kasuari.


Sumber Data:
Papua Dalam Angka 2012
(19-6-2013)
Badan Pusat Statistik Provinsi Papua

Updated: 28-3-2014



 
 

PERIHAL | DAFTAR TANYA JAWAB | BUKU TAMU | KONTAK KAMI
© 2013 by Indonesian Investment Coordinating Board. All rights reserved