ENGLISH     BAHASA INDONESIA
 
 
 
 
 

Peluang Investasi

 

DAERAH INVESTASI

 
 
 
LINK TERKAIT

     

 
KONTAK

      Direktorat Pengembangan Potensi Daerah BKPM
      Jl. Gatot Subroto 44
      Jakarta Selatan
      DKI Jakarta
      Indonesia, 12190
      Tel: +62 21 5255284


 
 
IN COLLABORATION WITH PROVINCES OF INDONESIA :

Fri, 21 Nov 2014



FEED NEWS    BERITA TERBARU
 

Provinsi Sumut Mendukung Program Jokowi-JK Menjadikan Perairan Indonesia Poros Dunia 

(Berita Daerah – Nasional) Provinsi Sumatera Utara terus memperkuat semangat persatuan dan kesatuan wilayah Nusantara dengan cara menjaga perairan yang dimiliki sebagai sumber kehidupan, serta memperhatikan kekayaan alam bagi kelangsungan hidup masyarakat. Pemerintah Sumatera Utara sangat mendukung program pemerintah Jokowi-JK untuk masa pemerintahan 2014-2019 yang ingin menjadikan Indonesia Poros Maritim Dunia. Dukungan Sumatera Utara sejalan dengan kekayaan dan potensi yang terdapat di Sumut dimana lebih dari 60 persen wilayahnya adalah perairan dengan panjang pantai 1.300 km. Dimana terdapat sebanyak 419 pulau di wilayah ini, termasuk pulau terluar seperti pulau Simuk (kepulauan Nias), dan pulau Berhala di selat Sumatera (Malaka).

Kekayaan yang melimpah di perairan dan bumi Nusantara masih harus didukung dengan sebaik-baiknya walaupun seiringnya waktu masih belum termanfaatkan dengan optimal, akibatnya nelayan masih menjadi kelompok yang miskin ditengah kekayaan yang melimpah. Persoalan yang bertahun-tahun yang terjadi adalah infrastruktur kemaritiman yang belum memadai, kurangnya pendidikan kemaritiman masyarakat nelayan, bahkan pelangaran yang masih terjadi dan hukum yang masih kurang maksimal. Perairan di Kawasan Sumatera Utara semakin rentan terhadap berbagai ancaman karena posisinya yang stretegis, karena itu sangat butuh keterpaduan dan lintas sektoral untuk dapat mengelolanya.

Kekayaan perairan yang dimiliki Indonesia dan Sumut khusunya sangat memerlukan kontribusi lembaga pendidikan kemaritiman khususnya perguruan tinggi. Hal ini sangat penting menurut Sumut untuk dapat membekali Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan professional, pandai dalam mengelola perairannya. Disamping itu perlu juga dibukaka isolasi pantai timur, dalam hal ini melalui program Bhakti TNI, agar menyelesaikan persoalan batas laut di selat Malaka yang sering memicu konflik dengan Malaysia.

Wilayah laut Sumut memiliki potensi perikanan yang cukup besar baik di pantai Barat maupun Timur, namun belum sepenuhnya dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan baik. Padahal potensi perikanan di Selat Malaka mencapai 276.000 ton per tahun sedangkan Samudera Hindia mencapai 565.200 ton/tahun.
Program pemerintah Jokowi-JK sangat didukung oleh Gubernur Sumatera Utara H. Gatot Pujo Nugroho dan berharap perbaikan pembenahan perairan di Kawasan Timur Sumatera Utara ini mendukung potensi perairan Nusantara bangkit dan turut menghidupkan perairan Indonesia menjadi poros maritim dunia.

Agustinus Purba/Jurnalis/VM/BD
Editor : Eni Ariyanti
Image :ant

The post Provinsi Sumut Mendukung Program Jokowi-JK Menjadikan Perairan Indonesia Poros Dunia appeared first on Berita Daerah.

Terminal Tipe A Indihiang Tasikmalaya 

(Berita Daerah – Tasikmalaya) Suasana di Terminal Tipe A, Indihiang, Tasikmalaya, Jawa Barat, yang tampak lengang, Jumat (21/11). Pasca kenaikan harga BBM jumlah penumpang angkutan umum berkurang.

(tr/EA/bd-ant)

The post Terminal Tipe A Indihiang Tasikmalaya appeared first on Berita Daerah.

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia 

(Berita Daerah – Semarang) Konsumen berbelanja di sebuah pusat perbelanjaan di Semarang, Jateng, Jumat (21/11). Menurut Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) pertumbuhan penjualan ritel dalam tiga tahun terakhir berada pada kisaran 10 persen, sementara omzet industri ritel nasional hingga akhir tahun ini diperkirakan bisa mencapai Rp 162,8 triliun.

(tr/EA/bd-ant)

The post Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia appeared first on Berita Daerah.

Investasi Pengembangan Ternak Sapi Pemalang Jawa Tengah 

(Berita Daerah – Jawa) Provinsi Jawa Tengah yang saat ini tengah melakukan sebuah percepatan pembangunan dengan cara-cara yang lebih progresif, inovatif, dan mau melakukan reformasi yang dimulai dari diri sendiri. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berharap percepatan pembangunan dapat terjadi di setiap daerah-daerah yang ada di Provinsi yang di kepalainya sebagai Gubernur Jateng.

Mendukung apa yang menjadi program gubernur Jateng tersebut Bupati Pemalang menekankan agar pembangunan di Kabupaten Pemalang segera diselesaikan dengan secepatnya.
Pemalang memiliki topografi alam yang berupa dataran pantai, dataran rendah, dataran tinggi serta sebagai daerah pegunungan, sehingga membuat daerah ini memiliki tanah yang subur dengan panorama yang asri dan indah. Dengan kondisi demikian Pemalang menjadi salah satu tempat tujuan pariwisata yang menarik untuk di kunjungi baik wisata alam, pantai, air terjun, dan objek wisata buatan lainnya.

Kondisi alam yang cukup baik membuat ternak hewan sangat cocok dibudidayakan di daerah ini seperti ternak, sapi potong, sapi perah, kambing, domba, kerbau, kuda, ayam buras, itik, ini sangat berkembang dengan baik.  Dengan ketersediaannya sumber daya alam dan juga sumber daya manusia yang melimpah menjadi potensi yang besar bagi Pemalang khususnya di sektor ternak hewan dan pertanian, meskipun potensi tersebut belum dapat dimanfaatkan dan dikelola dengan baik.

Keberadaan sapi potong di pasar ternak Pemalang sangat bernilai ekonomis. Hal ini dapat diketahui dari tingginya ketimpangan antara permintaan dan pasokan. Dari tahun ke tahun permintaan daging sapi didaerah ini terus mengalami peningkatan baik dalam skala lokal, regional maupun luar negeri (ekspor). Usaha peternakan sapi potong di Pemalang berada di tiga sentra produksi yaitu Kecamatan Wakutumpul, Kecamatan Belik, dan Kecamatan Pulosari. Daerah-daerah ini memiliki banyak ketersediaan rumput dan luas lahan sehingga daerah ini juga memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Populasi sapi di tiga lokasi tersebut diatas mencapai 10.802 ekor, angka yang sangat potensial untuk dapat memasok sapi potong ke kabupaten Pemalang dan sekitarnya.

Dengan potensi yang dimiliki Kabupaten Pemalang ini Bupati mengajak para investor baik dalam maupun investor asing untuk dapat berinvestasi di sektor perternakan di Pemalang Jawa Tengah, agar lebih banyak lagi produksi ternak hewan yang dihasilkan.

Agustinus Purba/Jurnalis/VM/BD
Editor : Eni Ariyanti
Image : ant

The post Investasi Pengembangan Ternak Sapi Pemalang Jawa Tengah appeared first on Berita Daerah.

Presiden dan Ibu Negara Ke Singapura 

(Berita Daerah – Tangerang) Presiden Joko Widodo di dampingi Ibu Negera Iriana (kanan) saat hendak bertolak ke Singapura melalui terminal 2E, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (21/11). Joko Widodo hendak menghadiri wisuda anaknya, yaitu Kaesang Pangarep dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia kelas ekonomi.

(tr/EA/bd-ant)

The post Presiden dan Ibu Negara Ke Singapura appeared first on Berita Daerah.


 
Perhutani Bangun Pabrik Sagu di Kabupaten Sorong Selatan (2014-09-08)

(Berita Daerah – Papua) Pada bulan Maret 2015 Perum Perhutani dapat mengoperasikan pabrik sagu di Distrik Kais yang berada di Kabupaten Sorong Selatan, Papua. Pabrik sagu tersebut akan memiliki kapasitas produksi sebesar 30.000 ton sagu per tahun

Selengkapnya
 
Sumut Menjadi Daya Tarik Investor Asing (2014-09-04)

(Berita Daerah – Nasional) Pertumbuhan investasi di Provisi Sumatera Utara pada triwulan II-2014 mengalami peningkatan sebesar 4,4 persen dibandingkan pada triwulan I-2014 yang mencapai sebesar 3,9 persen. Kondisi ini membuat sejumlah investor Tiongkok, Malaysia dan Saudi Arabia berani untuk menanamkan modalnya untuk berinvestasi di Sumut, investasi yang menjadi daya tarik negara asing menanamkan modalnya di Sumut salah satunya di sektor jasa perdagangan

Selengkapnya
 
Peluang Ekspor Kopi Indonesia (2014-08-18)

(Berita Daerah – Nasional) Salah satu komoditas yang dapat menjadi unggulan ekspor Indonesia adalah kopi, dapat dilihat dari besarnya minat masyarakat mancanegara terhadap kopi asal Indonesia yang dinilai memiliki beragam jenis dengan ciri khas rasa yang berbeda. Potensi inilah yang ingin dikembangkan oleh pemerintah Indonesia agar dapat “menduniakan” kopi asli Indonesia.

Selengkapnya
 
Investasi di Aceh Aman (2014-07-25)

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI, Budiman, dan Gubernur Aceh, Zaini Abdullah, memberi jaminan bahwa Aceh sangat aman untuk investasi. Pemilu legislatif yang berlangsung 9 April lalu berjalan sukses tanpa sedikitpun terjadi gangguan keamanan. Angka kriminal di Aceh juga terhitung rendah secara nasional.

Selengkapnya
 
Gubernur Mengajak Pengusaha Malaysia Garap Potensi Aceh (2014-07-24)

Kita mengajak investor Malaysia untuk memanfaatkan kesempatan ini sehingga peluang bisnis yang ada di Aceh ini dapat kita garap bersama.

Selengkapnya
 


 
 

PERIHAL | DAFTAR TANYA JAWAB | BUKU TAMU | KONTAK KAMI
© 2013 by Indonesian Investment Coordinating Board. All rights reserved