ENGLISH     BAHASA INDONESIA
 
 
 
 
 

Peluang Investasi

 

DAERAH INVESTASI

 
 
 
LINK TERKAIT

     

 
KONTAK

      Direktorat Pengembangan Potensi Daerah BKPM
      Jl. Gatot Subroto 44
      Jakarta Selatan
      DKI Jakarta
      Indonesia, 12190
      Tel: +62 21 5255284


 
 
IN COLLABORATION WITH PROVINCES OF INDONESIA :

Sat, 1 Nov 2014



FEED NEWS    BERITA TERBARU
 

Menteri BUMN Pastikan Sumut Dapat Tambahan Pasokan Listrik 

(Berita Daerah – Sumatera) Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini M Soemarno memastikan jika kawasan Sumatera Utara akan mendapatkan tambahan pasokan listrik sekitar 210 megawatt yang akan diperoleh dari Pembangkit Listrik Tenaga Air Inalum. Defisit listrik yang terjadi di Sumatera Utara menjadi salah satu fokus utama dari Presiden Joko Widodo untuk segera diselesaikan.

Rini di Jakarta, Jumat (31/10) mengatakan bahwa dalam kurun waktu dua bulan kedepan pasokan tambahan listrik akan segera terealisasi. Oleh karena itu masyarakat Medan dan sekitarnya akan merasa nyaman pada saat perayaan Natal dan tahun baru karena intensitas pemadaman listrik akan berkurang jauh. Pasokan yang berasal dari pembangkit Inalum sebesar 210 MW itu, sebanyak 90 MW telah dialirkan ke Medan dan sisanya akan direalisasikan dalam waktu dekat.

Selain itu Rini mengaku telah berdiskusi dan rapat dengan Direksi PLN untuk menemukan permasalahan serta mencari solusi terkait defisit listrik di Sumatera Utara. Dari rapat tersebut ditemukan persoalan utama yang dihadapi pada saat ini adalah satu unit pembangkit listrik PLTGU Belawan milik PT PLN yang masih disita oleh kejaksaan karena bermasalah.

Pembangkit listrik Belawan dengan kapasitas sebesar 180 MW ini sudah lama tidak dioperasikan dan sampai sekarang masih belum jelas nasibnya. Oleh karena itu persoalan PLTGU Belawan ini langsung akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo agar ada tindaklanjut sehingga bisa secepatnya diselesaikan.

Sementara itu dari sisi teknis persoalan ini bisa diselesaikan dengan cepat apabila terjalin kerja sama yang baik diantara Kementerian BUMN, PT PLN dan pihak kejaksaan untuk menemukan solusi bersama dengan tujuan yang bermanfaat bagi masyarakat di Sumatera Utara.

Terkait dengan pasokan BBM subsidi, Rini mengungkapkan jika pasokan BBM subsidi hingga akhir tahun 2014 ini dalam keadaan aman. Hal tersebut didasari dari hasil diskusi yang dilakukan Rini selaku Menteri BUMN dengan Direksi Pertamina yang menyimpulkan kondisi pasokan BBM hingga akhir tahun dalam kondisi aman.

Rini mengungkapkan jika Presiden Joko Widodo telah menekankan untuk mulai mengalihkan subsidi BBM yang konsumtif kearah yang lebih produktif dengan salah satu caranya adalah menggunakan kartu rekening. Hal tersebut dilakukan agar subsidi BBM bisa lebih tepat sasaran dan anggaran untuk subsidi BBM bisa dialihkan kepada sektor yang lebih produktif sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Pemerintahan berencana akan mengalihkan dana subsidi BBM kepada program-program yang pro rakyat seperti program Indonesia Pintar, Indonesia Sehat dan program-program irigasi yang dapat bermanfaat secara langsung bagi masyarakat serta diharapkan dapat meningkatkan produktivitas masyarakat.

Akbar Buwono/Regional Analyst at Vibiz Research/VM/BD
Editor : Eni Ariyanti
image: ant

The post Menteri BUMN Pastikan Sumut Dapat Tambahan Pasokan Listrik appeared first on Berita Daerah.

Pinasthika Creativestival XV di Yogyakarta 

(Berita Daerah – Yogyakarta) Pengunjung berjalan diantara karya iklan cetak yang dipamerkan pada acara Pinasthika Creativestival XV di Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Yogyakarta, Jumat (31/10). Pinasthika Creativestival XV yang berlangsung dari tanggal 31 Oktober hingga 1 November 2014 tersebut merupakan ajang penghargaan di bidang periklanan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia industri periklanan.

(tr/EA/bd-ant)

The post Pinasthika Creativestival XV di Yogyakarta appeared first on Berita Daerah.

Kerjasama Indonesia dan Angola 

(Berita Daerah – Jakarta) Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Wapres Angola Manuel Domingos Vicente (kanan) seusai pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (31/10). Indonesia dan Angola telah menandatangani kerja sama bidang energi sehingga kedua negara sepakat meningkatkan kerja sama perdagangan dan pembangunan kilang migas bersama dengan dasar saling menguntungkan.

(tr/EA/bd-ant)

The post Kerjasama Indonesia dan Angola appeared first on Berita Daerah.

Kereta Bandara di Stasiun KA Besar Medan 

(Berita Daerah – Medan) Sejumlah penumpang berada di dalam gerbong kereta bandara di Stasiun Kereta Api Besar, Medan, Deli Serdang, Sumut, Jumat (31/10). Kereta bandara pertama di Indonesia tersebut melayani perjalanan Medan – Kualanamu, pulang pergi dengan tarip Rp 80.000 per penumpang.

(tr/EA/bd-ant)

The post Kereta Bandara di Stasiun KA Besar Medan appeared first on Berita Daerah.

Kunjungan Presiden Rwanda Paul Kagame 

(Berita Daerah – Jakarta) Presiden Rwanda Paul Kagame (tengah) meninggalkan gedung seusai menggelar pertemuan dengan Ketua DPD Irman Gusma di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (31/10). Kagame melakukan kunjungan kerja ke Indonesia selama dua hari untuk meningkatkan hubungan diplomatik dan kerja sama ekonomi antara dua negara.

(tr/EA/bd-ant)

The post Kunjungan Presiden Rwanda Paul Kagame appeared first on Berita Daerah.


 
Perhutani Bangun Pabrik Sagu di Kabupaten Sorong Selatan (2014-09-08)

(Berita Daerah – Papua) Pada bulan Maret 2015 Perum Perhutani dapat mengoperasikan pabrik sagu di Distrik Kais yang berada di Kabupaten Sorong Selatan, Papua. Pabrik sagu tersebut akan memiliki kapasitas produksi sebesar 30.000 ton sagu per tahun

Selengkapnya
 
Sumut Menjadi Daya Tarik Investor Asing (2014-09-04)

(Berita Daerah – Nasional) Pertumbuhan investasi di Provisi Sumatera Utara pada triwulan II-2014 mengalami peningkatan sebesar 4,4 persen dibandingkan pada triwulan I-2014 yang mencapai sebesar 3,9 persen. Kondisi ini membuat sejumlah investor Tiongkok, Malaysia dan Saudi Arabia berani untuk menanamkan modalnya untuk berinvestasi di Sumut, investasi yang menjadi daya tarik negara asing menanamkan modalnya di Sumut salah satunya di sektor jasa perdagangan

Selengkapnya
 
Peluang Ekspor Kopi Indonesia (2014-08-18)

(Berita Daerah – Nasional) Salah satu komoditas yang dapat menjadi unggulan ekspor Indonesia adalah kopi, dapat dilihat dari besarnya minat masyarakat mancanegara terhadap kopi asal Indonesia yang dinilai memiliki beragam jenis dengan ciri khas rasa yang berbeda. Potensi inilah yang ingin dikembangkan oleh pemerintah Indonesia agar dapat “menduniakan” kopi asli Indonesia.

Selengkapnya
 
Investasi di Aceh Aman (2014-07-25)

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI, Budiman, dan Gubernur Aceh, Zaini Abdullah, memberi jaminan bahwa Aceh sangat aman untuk investasi. Pemilu legislatif yang berlangsung 9 April lalu berjalan sukses tanpa sedikitpun terjadi gangguan keamanan. Angka kriminal di Aceh juga terhitung rendah secara nasional.

Selengkapnya
 
Gubernur Mengajak Pengusaha Malaysia Garap Potensi Aceh (2014-07-24)

Kita mengajak investor Malaysia untuk memanfaatkan kesempatan ini sehingga peluang bisnis yang ada di Aceh ini dapat kita garap bersama.

Selengkapnya
 


 
 

PERIHAL | DAFTAR TANYA JAWAB | BUKU TAMU | KONTAK KAMI
© 2013 by Indonesian Investment Coordinating Board. All rights reserved