ENGLISH     BAHASA INDONESIA
 
 
 
 
 

Peluang Investasi

 

DAERAH INVESTASI

 
 
 
LINK TERKAIT

     

 
KONTAK

      Direktorat Pengembangan Potensi Daerah BKPM
      Jl. Gatot Subroto 44
      Jakarta Selatan
      DKI Jakarta
      Indonesia, 12190
      Tel: +62 21 5255284


 
 
IN COLLABORATION WITH PROVINCES OF INDONESIA :

Wed, 4 Mar 2015

FEED NEWS    BERITA TERBARU
 

Kementan Targetkan Perbaiki Sarana Irigasi 3 Juta Hektar Sawah di 2015 

(Berita Daerah – Nasional) Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan jika perbaikan sarana irigasi untuk mengairi tiga juta hektar sawah menjadi program prioritas dari Kementerian Pertanian untuk mewujudkan swasembada pangan nasional. Selama ini jaringan irigasi masih minim mendapatkan perhatian sehingga banyak mengalami kerusakan dan menghambat tingkat produksi.

Mentan di Bengkulu, Rabu (4/3) mengatakan pada tahun ini ditargetkan selesai perbaikan saluran irigasi untuk sawah seluas 1,5 juta hektar. Pada saat ini terpantau lebih 50 persen sarana irigasi di Indonesia dalam kondisi rusak dan mempengaruhi produksi padi nasional.

Khusus di Bengkulu tercatat ada sekitar 52 persen sarana irigasi tersier rusak dan perbaikannya ditargetkan tuntas tahun ini. Kunjungan Mentan ke Bengkulu sendiri untuk memanen padi dan menyerahkan bantuan alat mesin pertanian di Kabupaten Rejalebong, Bengkulu.

Untuk itu Kementerian Pertanian pada tahun ini mengalokasikan anggaran untuk perbaikan irigasi yang mengairi 38 ribu hektar sawah di Bengkulu. Pada bulan April nanti akan ditambah perbaikan sarana irigasi untuk sawah seluas 18 ribu hektar, sehingga jaringan irigasi tersier di Bengkulu selesai pada tahun ini.

Dalam memperbaiki jaringan irigasi sawah yang ada di Indonesia, Kementerian Pertanian akan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Selain itu Kementerian Pertanian juga telah menganggarkan dana mencapai Rp2 triliun untuk memperbaiki kerusakan irigasi yang ada di Indonesia.

Selanjutnya di tahun 2015 ini Kementerian Pertanian berencana untuk membangun jaringan irigasi di satu hektar lahan yang ada di 17 provinsi di seluruh Indonesia, terutama yang berada di daerah-daerah yang merupakan kantong-kantong produksi padi seperti daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, Lampung dan Sulawesi Selatan.

Selain menyelesaikan persoalan irigasi, Kementerian Pertanian juga akan memperbaiki jalan usaha tani pada tahun anggaran 2015. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Pertanian setelah Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah menyebutkan tiga masalah utama sektor pertanian di Bengkulu yakni benih unggul dan pupuk, alat mesin pertanian dan jalan usaha tani.

Selama melakukan kunjungan kerja di Bengkulu, Menteri Pertanian menghadiri panen raya di Desa Pulo Geto, Kabupaten Kepahiang, dan menyerahkan secara simbolis bantuan traktor tangan, mesin pompa air, mesin panen padi masing-masing 71 unit untuk kelompok tani di sembilan kabupaten di Provinsi Bengkulu.

Pada tahun 2015 ini pemerintah menargetkan produksi padi secara nasional mencapai 73 ton gabah kering giling (GKG). Jumlah tersebut meningkat 4,3 persen dibandingkan produksi tanaman padi pada tahun lalu yang hanya sebesar 70 juta ton GKG. Peningkatan produksi padi itu diharapkan dapat mencapai target swasembada pangan yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo dalam kurun waktu 3 tahun kedepan.

Akbar Buwono/Regional Analyst at Vibiz Research/VM/BD
Editor : Eni Ariyanti
image: ant

 

Tempat Wisata Kuta Bali 

(Berita Daerah – Bali)  Salah satu kolam renang  Hotel di Kuta  Bali , Rabu (4/3).

(F. Jodie/EA/bd)

Pertokoan Jalan Utomo Pematang Siantar 

(Berita Daerah – Siantar) Suasana pertokoan di sepanjang  Jl. Sutomo, Pematang Siantar. Sumatera Utara ,Rabu (4/3). Selalu ramai kendaraan melintasi tempat ini .

(Evi Y/EA/bd)

Suasana Jalan Pelita Samarinda 

(Berita Daerah – Samarinda) Kondisi  jalan di jln Pelita Kota Samarinda kalimatan Timur , saat siang hari terlihat tidak banyak kendaraan yang lewat. Rabu (4/3)

 (Jong/EA/bd)

Transportasi Trans Jogja 

(Berita Daerah – Yogyakarta ) Hadirnya transportasi Trans Jogja, memudahkan warga untuk transit dari satu Lokasi ke lokasi lainnya. Malioboro Yogyakarta , Rabu (4/3)

(Irene/EA/bd)


 
Keamanan Informasi Investor Kini Terjamin (2015-02-11)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menggandeng Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) untuk menjamin keamanan sistem informasi dalam penerapan perizinan terpadu satu pintu (PTSP) Pusat. Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dilakukan Kepala BKPM Franky Sibarani dengan Kepala Lemsaneg Djoko Setiadi di kantor BKPM, Senin (9/2).

Selengkapnya
 
Realisasi Penanaman Modal Tetap Meningkat, Melampaui Target 2014 (2015-01-30)

BKPM hari ini mengumumkan realisasi investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) Triwulan IV (Oktober - Desember) Tahun 2014 sebesar Rp 120,4 triliun.

Selengkapnya
 
Dubes AS Apresiasi Pelayanan Investasi Satu Pintu (2015-01-30)

Duta Besar AS untuk Indonesia Robert Blake mengapresiasi pendirian Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pusat yang diinisiasi Badan Koordinasi Penanaman Modal demi memberikan pelayanan terbaik sekaligus mempermudah perizinan investasi kepada penanam modal.

Selengkapnya
 
Presiden Jokowi: PTSP BKPM Percepat Investasi (2015-01-26)

Jakarta, Aktual.co — Presiden Joko Widodo meminta Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pusat Badan Koordinasi Penanaman Modal (PTSP BKPM) menyederhanakan dan mempercepat pelayanan perizinan investasi di Indonesia.

Selengkapnya
 
Presiden Jokowi Resmikan PTSP Pusat BKPM (2015-01-26)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan program Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). "Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, saya nyatakan PTSP pusat ini resmi dibuka," ujar Jokowi di Kantor BKPM, Jakarta, Senin (26/1/2015).

Selengkapnya
 


 
 

PERIHAL | DAFTAR TANYA JAWAB | BUKU TAMU | KONTAK KAMI
© 2013 by Indonesian Investment Coordinating Board. All rights reserved