Selasa , 21 Nopember 2017
Provinsi Sumatera Utara

WIB
GMT+7

WITA
GMT+8

WIT
GMT+9

 

KOLABORASI dg SELURUH PROVINSI di INDONESIA:

Home > Sumatera Utara > Ringkasan
Ringkasan Sumatera Utara
Provinsi Sumatera Utara dihuni oleh banyak suku bangsa yang tergolong dari Melayu Tua dan Melayu Muda. Sumatera Utara merupakan provinsi multietnis dengan Batak, Nias dan Melayu sebagai penduduk asli wilayah ini.

Provinsi Sumatera Utara berada bagian barat Indonesia, secara geografis terletak pada garis 1o 4o Lintang Utara dan 98o 100o Bujur Timur.
Batas wilayah adalah sebagai berikut :
-Sebelah Utara berbatasan dengan Provinsi Aceh
-Sebelah Timur berbatasan dengan Negara Malaysia di Selat Malaka
-Ssebelah Selatan berbatasan dengan Provinsi Riau dan Sumatera Barat
-Di sebelah Barat berbatasan Samudera Hindia.

Secara administratif Provinsi Sumatera Utara terdiri dari 25 Kabupaten dan 8 Kota, ibukota dari provinsi ini adalah Kota Medan. Luas wilayahnya adalah 71.680,68 Km2, sebagian besar berada di daratan Pulau Sumatera dan sebagian kecil berada di Pulau Nias, Pulau - pulau Batu, serta beberapa pulau kecil, baik di bagian barat maupun bagian timur pantai Pulau Sumatera.

Karena terletak dekat garis khatulistiwa, Provinsi Sumatera Utara tergolong ke dalam daerah beriklim tropis. Ketinggian permukaan daratan Provinsi Sumatera Utara sangat bervariasi, sebagian daerahnya datar, hanya beberapa meter di atas permukaan laut, beriklim cukup panas bisa mencapai 30,1 oC, sebagian daerah berbukit dengan kemiringan yang landai, beriklim sedang dan sebagian lagi berada pada daerah k .. more
Komoditas Sumatera Utara (click for detail)
   
Penerimaan Daerah Sumatera Utara
   
UMR Sumatera Utara