Selasa , 25 April 2017
Home > Riau > Ringkasan
Ringkasan Riau
Provinsi Riau memiliki letak yang strategis yaitu pada jalur perdagangan regional dan internasional di kawasan ASEAN yaitu berada di jalur perkapalan internasional yang sangat sibuk yang menghubungkan Samudra Hindia dengan Laut Cina Selatan dan Samudra Pasifik. Keberadaan provinsi ini membentang dari lereng Bukit Barisan sampai ke Laut Cina Selatan.

Secara geografis Provinsi Riau terletak antara 01o 05 00 Lintang Selatan sampai 02o 25 00 Lintang Utara serta antara 100o 00 00 Bujur Timur sampai dengan 105o 05 00" Bujur Timur. Dengan batas batas wilayah sebagai berikut :
- Sebelah Utara dengan Selat Malaka dan Provinsi Sumatera Utara,
- Sebelah Selatan berbatasan dengan Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatera Barat,
- Sebelah Barat dengan Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Sumatera Utara,
- Sebelah Timur berbatasan dengan Provinsi Kepulauan Riau dan Provinsi Selat Malaka.

Daerah Riau beriklim tropis basah dengan rata-rata curah hujan berkisar antara 1700-4000 mm per tahun yang di pengaruhi oleh musim kemarau dan musim hujan. Jumlah curah hujan tertinggi pada tahun 2013 terjadi di Kabupaten Kuantan Singingi dengan curah hujan sebesar 4.081 mm, sedangkan curah hujan terendah terjadi di Kabupaten Indragiri Hilir sebesar 1.722 mm.

Secara administratif Provinsi Riau terdiri dari 10 Kabupaten dan 2 Kota, dengan ibukota provinsinya yaitu Kota Pekanbaru. Provinsi ini memiliki luas .. more
Komoditas Riau (click for detail)
   
Penerimaan Daerah Riau
   
UMR Riau