Jum'at , 28 Juli 2017
Home > Sulawesi Tengah > Ringkasan
Ringkasan Sulawesi Tengah
Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, sebelum jatuh ke tangan Pemerintahan Hindia Belanda merupakan sebuah Pemerintahan Kerajaan yang terdiri atas 15 (Lima Belas) Kerajaan dibawah kepemimpinan para raja yang selanjutnya dalam sejarah Sulawesi Tengah dikenal dengan julukan Tujuh Kerajaan di Timur dan Delapan Kerajaan di Barat. Semenjak tahun 1905, wilayah Sulawesi Tengah seluruhnya jatuh ketangan Pemerintahan Hindia Belanda, dari Tujuh Kerajaan Di Timur dan Delapan Kerajaan Di Barat, kemudian oleh Pemerintah Hindia Belanda dijadikan Landschap-landschap atau Pusat-pusat Pemerintahan Hindia Belanda.

Provinsi Sulawesi Tengah terletak pada posisi 2o 22 Lintang Utara dan 3o 48 Lintang Selatan, serta 119o 22 dan 124o 22 Bujur Timur. Batas wilayahnya adalah :
- Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Sulawesi dan Provinsi Gorontalo
- Sebelah Selatan berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara
- Sebelah Barat berbatasan dengan Selat Makassar dan
- Sebelah Timur dengan Provinsi Maluku.

Wilayah administrasi Provinsi Sulawesi Tengah terdiri dari 12 Kabupaten dan 1 Kota,yaitu Kabupaten Banggai Kepulauan, Banggai, Morowali, Poso, Donggala, Tolitoli, Buol, Parigi Moutong, Tojo Una Una, Sigi, Banggai Laut, Morowali Utara dan Kota Palu yang juga menjadi ibukota provinsi. Luas wilayah Sulawesi Tengah adalah 61.841,29 Km2. Kabupaten Morowali Utara merupakan kabupaten dengan .. more
Komoditas Sulawesi Tengah (click for detail)
   
Penerimaan Daerah Sulawesi Tengah
   
UMR Sulawesi Tengah