Selasa , 25 April 2017
Home > Maluku > Ringkasan
Ringkasan Maluku
Menurut letak astronomis, wilayah Provinsi Maluku terletak antara 2o 30'-9o Lintang Selatan dan 124o-136o Bujur Timur , dengan batas wilayahnya :

- Sebelah Barat berbatasan dengan Pulau Sulawesi / Laut Sulawesi ,
- Sebelah Timur dengan Pulau Irian / Provinsi Papua ,
- Sebelah Utara dengan Laut Seram dan
- Sebelah Selatan dengan Lautan Indonesia dan laut arafura.

Luas wilayah Provinsi Maluku secara keseluruhan adalah 581.376 km2, terdiri dari luas lautan 527.191 km2 dan luas daratan 54.185 km2. Dengan kata lain sekitar 90% wilayah provinsi maluku adalah lautan.

Sesuai SK Gubernur Nomor 125.a Tahun 2013 tentang Penetapan Jumlah, Nama dan Nomor Kode Wilayah Administrasi Pemerintahan Provinsi Maluku tahun 2013, maka secara administratif Provinsi Maluku terbagi atas 11 (sebelas) Kabupaten/Kota, 118 Kecamatan dan 1.169 Desa/Kelurahan.

Wilayah Kepulauan Maluku dipengaruhi oleh Iklim Tropis dan Iklim Musim, hal ini disebabkan Provinsi Maluku terdiri dari pulau-pulau dan dikelilingi oleh lautan yang luas.

Komoditi unggulan Provinsi Maluku yaitu sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan jasa. Sektor pertanian komoditi unggulannya adalah jagung, kedelai, kentang, nanas, pisang, ubi jalar dan ubi kayu, sub sektor tanaman perkebunan dengan komoditi Kakao, Kopi, Kelapa, Cengkeh, Jambu Mete dan Pala. Sub sektor perikanan komoditi yang diunggulkan berupa perikanan Tangkap, Budiday .. more
Komoditas Maluku (click for detail)
   
Penerimaan Daerah Maluku
   
UMR Maluku