Sabtu , 19 Agustus 2017
Home > Papua Barat > Ringkasan
Ringkasan Papua Barat
Papua Barat adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di bagian barat Pulau Irian. Nama provinsi ini sebelumnya adalah Irian Jaya Barat, yang ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 45 Tahun 1999. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2007 tanggal 18 April 2007, nama provinsi ini diubah menjadi Papua Barat. Papua Barat dan Papua merupakan provinsi yang memperoleh status otonomi khusus.

Secara geografis Provinsi Papua Barat terletak pada titik koordinat 0o ,0 4o ,0 Lintang Selatan dan 124o ,00 132o .0 Bujur Timur, tepat berada di bawah garis Katulistiwa dengan ketinggian 0-100 meter di atas permukaan laut. Provinsi Papua Barat berbatasan dengan Samudera Pasifik di sebelah Utara, Laut Banda dan Provinsi Maluku di sebelah Selatan, Laut Seram dan Provinsi Maluku di sebelah Barat dan Provinsi Papua di sebelah Timur. Wilayah Provinsi ini mencakup kawasan kepala burung Pulau Papua dan kepulauan kepulauan di sekelilingnya.

Secara administratif Provinsi Papua Barat terbagi menjadi 12 kabupaten dan 1 kota, yaitu Kabupaten Fakfak, Kaimana, Teluk Wondama, Teluk Bintuni, Manokwari,Tambrauw, Sorong Selatan, Sorong, Raja Ampat, Maybrat, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak dan Kota Sorong, dimana ibukota kota provinsi ini adalah Manokwari. Luas wilayah Provinsi Papua Barat adalah 97,407,61 Km2, Kabupaten Teluk Bintuni merupakan daerah dengan luas wilayah terbesar denga .. more
Komoditas Papua Barat (click for detail)
   
Penerimaan Daerah Papua Barat
   
UMR Papua Barat