Basemap gallery
Info Peluang

Sektor     :
Smelter
Proyek     :
Smelter Slab Billet Steel
Provinsi   :
Kalimantan Selatan
Kab/kota :
Tanahbumbu
Luas Lahan :
30
Tahun        :
  2020
Nilai

Investasi
: Rp. 6 Triliyun
IRR            :
10.79%
NPV          :
Rp. 9,891,900,000,000
PP             :
7,1 Tahun
Sumber    :
BKPM

Full Peta


Lokasi pabrik smelter berada di Kawasan Industri Batulicin (KIB) Blok 2 dengan beberapa keuntungan, seperti lebar jalan utama di dalam kawasan yang mencapai 30 m, sumber air yang memadai, dekat dengan pelabuhan yang sedang dibangun dengan kapasitas sandar kapan sampai dengan 50.000 DWT, jauh dari permukiman perkotaan sehingga dampak polusi ke masyarakat sekitar lebih rendah.
Rencana Pabrik Smelter di Kabupaten Tanah Bumbu adalah smelter bijih besi untuk dijadikan produk setengah jadi (semi finished product) yaitu slab dan billet, dengan total kapasitas produksi sebesar 600.000 TPY. Teknologi yang dipilih adalah Blast Furnace - Basic Oxygen Furnace (BF-BOF) yang kemudian dilanjutkan dengan Continuous Casting Machine (CCM) untuk mencetak hot metal menjadi slab dan bilet.
Kebutuhan bahan baku bijih besi sangat mencukupi, dari 10 perusahaan tambang bijih besi yang mengajukan IUP, hanya 3 yang aktif. Dari ketiga perusahaan yang aktif ini dapat berpotensi memiliki cadangan sebesar 218,60 juta ton.